Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Tol Japek Terjadi Kemarin Suasana Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated yang berada tepat di atas tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat (ANTARA/Aji Cakti)

Merahputih.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat puncak arus balik kendaraan libur Tahun Baru 2020 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terjadi pada Minggu (5/1).

"Puncak arus balik libur Tahun Baru pada H+4 atau Minggu (5/1) kemarin," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru saat dihubungi, Senin (6/1).

Baca Juga:

Tol Layang Jakarta-Cikampek Baru Dibuka Lima Hari Setelah Diresmikan

Pada H+4 Tahun Baru 2020 sebanyak 54.837 kendaraan tercatat melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dari arah timur menuju Jakarta.

"Jumlah ini meningkat 45,2 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 37.765 kendaraan," jelas dia.

Suasana Tol Layang Japek
Tol Layang Japek akan diberlakukan contraflow selama libur Tahun Baru (Foto: ANTARA)

Angka ini sebagai puncak arus balik libur Tahun Baru setelah sebelumnya pada 1 Januari 2020 tercatat 53.331 kendaraan.

Jasa Marga juga mencatat lalu lintas tertinggi yang melintasi GT Cikampek Utama pada Minggu kemarin adalah pada pukul 17.00 hingga 18.00 WIB yakni mencapai 3.450 kendaraan.

Baca Juga:

Tol Layang Jakarta-Cikampek Pengaruhi Jumlah Penumpang Kereta Api

Sementara kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin ini sampai pukul 12.20 WIB terpantau ramai lancar di kedua arahnya dengan antrean lima sampai 10 kendaraan di GT Cikampek Utama. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH