Puluhan Rumah di Cibitung Terendam Banjir

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 01 Oktober 2017
Puluhan Rumah di Cibitung Terendam Banjir
Ilustrasi banjir rendam rumah warga (ANTARA FOTO/David Muharmansyah)

MerahPutih.com - Hujan yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Barat menyebabkan banjir dimana-mana. Salah satunya di Kecamatan Cibitung, Sukabumi.

Hujan yang mengguyur wilayah itu sejak Sabtu sampai Minggu (1/10) membuat air meluap ke pemukiman warga.

Puluhan rumah di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terendam banjir setinggi sekitar 1,5 meter akibat meluapnya aliran Sungai Cikaso sesaat hujan deras yang tinggi sejak Sabtu lalu di wilayah itu.

"Dari pendataan sementara yang kami lakukan ada 28 rumah yang terendam banjir di Kampung Ciniti, RT 08/01 dan RT 09/01, Desa/Kecamatan Cibitung," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiyaman di Sukabumi, Minggu.

Informasi yang dihimpun Antara, banjir tersebut berawal hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Sabtu, (30/9) pukul 21.00 WIB hingga Minggu, (1/10) sekitar pukul 05.00 WIB.

Debit air yang meningkat drastis menyebabkan Sungai Cikaso meluap dan airnya melimpah ke permukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Banjir ini juga merendam dermaga apung yang berada di pinggir Sungai Cikaso yang menghubungkan ke lokasi wisata Curug Cikaso.

Pada bencana ini tidak ada korban jiwa, namun sebagian warga harus mengungsi dan harta bendanya khususnya barang elektronik dan kendaraan rusak. Hingga saat ini jumlah kerugian akibat banjir belum diketahui dan masih dalam perhitungan petugas penanggulangan bencana.

"Kami masih melakukan pendataan dan tengah menyalurkan bantuan berupa seragam sekolah, family kit (alat kebersihan keluarga) dan makanan instan," tambahnya.

Eka mengatakan saat ini ketinggian air mulai surut dan sebagian warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Selain itu, petugas gabungan dari unsur BPBD, TNI, Polri dan relawan masih gotong royong membersihkan material banjir dan mengevakuasi barang warga ke tempat yang lebih aman.

"Kami dan warga masih bersiaga untuk mengantisipasi banjir susulan, karena hujan deras berpotensi turun kembali pada malam hari," katanya.(*)

#Banjir #Banjir Bandang #Musim Hujan #Sukabumi #Longsor Sukabumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan