Puluhan Ribu Aparat Amankan Malam Tahun Baru di Jakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 28 Desember 2019
Puluhan Ribu Aparat Amankan Malam Tahun Baru di Jakarta
Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono (tengah) pimpin jumpa pers akhir tahun Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Jumat. ANTARA/Fianda Rassat

MerahPutih.com - Aparat mengerahkan 10 ribu personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemprov DKI guna mengamankan malam tahun baru, Selasa (31/12) besok. Personel itu bakal disebar di tiap titik, termasuk di Sudirman-Thamrin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Yusri Yunus mengatakan, 10 ribu personel gabungan itu bakal dikerahkan di sejumlah titik lokasi guna pengamanan malam tahun baru. Titik keramaian itu seperti di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Monas, Ancol, TMII, dan tempat lainnya.

Baca Juga:

Tito Karnavian Tegaskan Tak Ada yang Salah Merayakan Tahun Baru

Selain itu, polisi juga akan memetakan wilayah yang memiliki kerawanan kejahatan.

"Untuk kesiapan malam tahun baru sudah kita ploting seluruh personel yang dijadikan tempat keramaian," ujarnya saat di konfirmasi, Sabtu (28/12).

Selain itu, kata dia, polisi juga disiagakan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin lantaran di kawasan itu diberlakukan car free night (CFN). CFN diberlakukan sejak pukul 17.00 WIB hingga esok hari.

Suasana Monas saat libur Tahun Baru, Jumat (27/12/2019). (ANTARA/ Livia Kristianti)
Suasana Monas saat libur Tahun Baru, Jumat (27/12/2019). (ANTARA/ Livia Kristianti)

"Car free night mulai dari Jalan MH Thamrin sampai dengan Jalan Sudirman, lalu di Jalan Merdeka Medan Selatan karena di setiap perempatan akan ada panggung gembira," tuturnya.

Maka itu, tambahnya, penerapan rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di beberapa ruas jalan yang dijadikan pusat keramaian itu, termasuk di CFN.

Baca Juga:

Panitia Pemilihan Wagub DKI Dibentuk Usai Tahun Baru

Petugas di lapangan pun nantinya bakal mengarahkan rute alternatif.

"Ada beberapa daerah yang kita alihkan. Jadi setiap pertigaan sudah kita siapkan personel satlantas dan sabhara," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Badai Angin Topan Phanfone Bisa Kacaukan Malam Tahun Baru di Indonesia?

#Malam Tahun Baru #Polda Metro Jaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan