Puluhan Prajurit Paskhas TNI AU Latihan Terjun Statik dan Free Fall Para prajurit TNI dari Paskhas AU melakukan terjun statik (Foto: tni.au.mild.id)

MerahPutih.Com - Si vis Pacem Para Bellum, jika ingin damai persiapkanlah untuk berperang. Doktrin ini senantiasa dipegang teguh para prajurit TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan menggelar latihan rutin.

Puluhan prajurit dari Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU melakukan latihan penerjunan statik dan free fall di Lanud Supadio, Pontianak, Kalimanan Barat.

Sebagaimana dipaparkan Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Sidik Setiyono dalam latihan tersebut, para anggota Paskhas menggunakan pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A-1318.

Sebanyak 97 prajurit, terdiri dari 70 penerjun statik dan 27 orang peterjun free fall, yang terdiri dari para prajurit Batalion Komando 465 Paskhas, Denhanud 473 Paskhas, serta belasan Wanita Angkatan Udara. Mereka semua melakukan latihan sekaligus terjun penyegaran (Jungar).

Paskhas TNI AU dalam Pesawat Hercules C-130
Para Prajurit dair Paskhas TNI AU dalam Pesawat Hercules C-130 (Foto: tni.au.mild.id)

"Jungar yang dilakukan sebanyak 2 sortie penerbangan itu diawali dengan briefing di ruang Base Operation Dinas Operasi Lanud Supadio, sesaat sebelum terbang," kata Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Sidik Setiyono, di Sungai Raya.

Pada sortie pertama, papar Kolonel Sidik, ada 70 prajurit melakukan penerjunan statik pada ketinggian sekira 1500 feet, dengan tiga putaran, yakni putaran pertama 24 peterjun, putaraan kedua 23 peterjun, dan putaran ketiga terdiri dari 23 orang peterjun.

Sementara pada shorty berikutnya yakni sortie kedua para prajurit Paskhas dan prajurit Wanita Angkatan Udara melakukan penerjunan free fall pada ketinggian 8.000 kaki sebanyak 27 orang, terdiri dari 14 peterjun pada putaran pertama, selanjutnya 13 orang peterjun pada putaran kedua.

Latihan terjun statik Paskhas TNI AU
Latihan terjun Statik Paskhas TNI AU (Foto: tni.au.mild.id)

Di sela kegiatan latihan terjun penyegaran tersebut, Sidik yang saat itu menjadi Palakhar Komandan Lanud Supadio, didampingi para pelatih dan para pejabat Makorpaskhas mengatakan, kegiatan latihan terjun statik dan free fall ini sengaja digelar untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Paskhas TNI AU sesuai perintah komando atas.

"Latihan terjun penyegaran ini merupakan latihan yang dilaksanakan secara rutin. Latihan ini merupakan agenda rutin yang biasa dilakukan prajurit Paskhas TNI AU yang bertugas di seluruh satuan-satuan jajaran Paskhas," jelas Kolonel Pnb Sidik Setiyono.

Kepala Dinas Personel TNI AU sebagaimana dilansir Antara, Senin (18/2) menjelaskan latihan terjun penyegaran itu merupakan kebutuhan bagi prajurit Paskhas TNI AU, untuk meningkatkan kemampuan mobilisasi udara baik perorangan maupun kelompok yang sangat diperlukan dalam melakukan misi operasi di medan pertempuran.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Beredar Video Kericuhan Debat Capres Kedua, Luhut Tampak Naik Pitam



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH