Puluhan Orang Tewas dan Ribuan Mengungsi Akibat Banjir di Korsel

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 21 Juli 2023
Puluhan Orang Tewas dan Ribuan Mengungsi Akibat Banjir di Korsel
Petugas pemadam kebakaran melakukan upaya pencarian dan penyelamatan korban tanah longsor akibat hujan deras di Yecheon, Korea Selatan. (ANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS/tom)

MerahPutih.com - Hujan lebat dan banjir di Korea Selatan yang telah berlangsung sepekan dikabarkan telah menewaskan hampir 50 orang. Selain itu, ribuan lainnya mengungsi.

Data yang dirilis oleh Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, sekitar 2.278 fasilitas umum dan swasta yang berada di seluruh negeri rusak selama hujan dan banjir yang melanda negara tersebut pekan lalu.

Baca Juga:

Mendag Zulhas Bertemu Dubes Korsel, Bahas Penguatan Kerja Sama Perdagangan

Dalam laporan Yonhap, hujan deras juga telah menyebabkan setidaknya 33 ribu hektar lahan pertanian terendam banjir dan 797 ribu ternak mati.

Selain menyebabkan kematian, hujan deras di Korea Selatan juga mengakibatkan empat orang di beberapa wilayah hilang, termasuk seorang marinir yang meninggal pada Rabu (19/7) setelah terseret banjir saat sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di kawasan Yecheon, yang berjarak 161 kilometer dari Seoul.

Sementara itu, lebih dari 3.100 orang yang mengungsi saat ini masih tinggal di kamp-kamp penampungan, menurut laporan tersebut

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo mengunjungi Provinsi Chungcheong Utara. Setidaknya 14 orang di pusat kota Cheongju tewas karena luapan sungai yang menyebabkan tanggul jebol.

"Saya merasa sangat bertanggung jawab atas kematian ini," kata Han.

Pemerintah Korea Selatan telah mengerahkan sekitar 10.000 tentara di seluruh negeri untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan operasi pencarian dan penyelamatan korban.

Hujan deras tersebut telah menewaskan 46 orang, sementara empat orang lainnya masih hilang dari berbagai daerah hingga Kamis (20/7).

Baca Juga:

Lawan Ancaman Nuklir Korut, Korsel Kucurkan Dana Puluhan Triliun Rupiah untuk Vietnam

#Hujan #Bencana Alam #Korea Selatan
Bagikan
Bagikan