Puluhan Oknum PNS Lapas dan Rutan Terancam Pemecatan Ilustrasi. (ANTARA/FB Anggoro)

MerahPutih.com - Sebanyak 45 PNS pegawai lapas dan rutan di Sumatra Utara yang terbukti terlibat dalam kasus narkoba bakal menerima sanksi Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH).

Puluhan oknum tersebut kini sudah menjalani proses hukum sembari menunggu pemberhentian yang telah diajukan kepada Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta.

"Kanwil Kemenkumham Sumut telah mengajukan puluhan oknum pegawai lapas dan rutan yang terlibat narkoba untuk diberhentikan," kata Kakanwil Kemenkumham Sumut Liberti Sitinjak kepada wartawan usai sertijab kepala UPT di Kantor Kanwil Kemenkumham Sumut, Selasa (3/10).

Liberti dengan tegas mengatakan tidak ada ampun bagi petugas lapas dan rutan yang terlibat narkoba. Meski ada solusi yang lain seperti dilakukan rehabilitas, namun hal itu bukan solusi. Menurutnya pemecatan adalah solusi terbaik.

"Kalau direhab ada jaminan menjadi bagus?" kata Liberti.

Ia mengungkapkan walau dalam pengewasan pihak Kemenkuham Sumut. Namun, tetap saja sejumlah orang dari 45 orang itu masih mengonsumsi narkoba dan dilakukan tes urine, tetap positif narkoba.

"Tidak jamin direhab. Sudah empat bulan di sini tetap saja positif. Saya lakukan tes secara seporadis (acak tes urine dilakukan), tetap saja positif narkoba. Ini mau diperlihara, virus-virus tidak benar mau diperlihara lagi?" ujarnya.

Dengan itu, Liberti mengatakan sudah saatnya negara ini, terutama di Kemenkuham Sumut dipekerja orang-orang benar dan baik serta bebas narkoba.

Tujuannya untuk memperbaiki sistem yang lebih baik lagi. "Secepat kita ajukan pemecatan ini. Karena kita masih diuber dengan kegiatan penerimaan CPNS," tutur Liberti.

Dia menambahkan, pengawasan dan pemeriksaan urine seluruh pegawai akan terus dilakukan secara acak dan tiba-tiba dan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut.

"Saya meyakin ini masih banyak lagi dan belum ketangkap saja. Karena kita terbatas waktu dan SDM," katanya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Amsal Chaniago, kontributor merahputih.com untuk wilayah Medan dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Di Hadapan Jokowi, Ini Rahasia Bimbim Slank Edukasi Anaknya Soal Narkoba


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH