Puluhan Finalis Miss Universe Indonesia Diduga jadi Korban Pelecehan Seksual

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 Agustus 2023
Puluhan Finalis Miss Universe Indonesia Diduga jadi Korban Pelecehan Seksual
Kuasa hukum Mellisa Anggraini saat mendatangi Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Metro Jaya, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Ilham Kausar

MerahPutih.com - Kasus dugaan pelecehan di ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 terus bergulir di kepolisian.

Polisi mulai melakukan penyelidikan dengan memeriksa pelapor, Rabu (9/8) malam. Dalam pemeriksaan tersebut, pelapor yang diwakilkan kepada kuasa hukum Mellisa Anggraini membawa bukti baru ke penyidik.

Baca Juga

DPR Minta Polisi Usut Tuntas Dugaan Pelecehan Terhadap Finalis Miss Universe

Mellisa, mengungkapkan ada puluhan finalis yang menjadi korban dugaan pelecehan dalam ajang tersebut.

"Sebenarnya yang mengalami ada 30 orang. Tapi yang baru yang memberikan kuasa baru tujuh orang, tapi berjalannya waktu terus bertambah," kata Mellisa Anggraini, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/8).

Mellisa Anggraini mengklaim ada satu korban yang menangis setelah difoto saat body checking tanpa pakaian.

"Jadi teman-teman ini juga tertekan, ada relasi kuasa di situ. Sehingga, belum ada saya mendengar mereka menolak, tapi sudah menyampaikan berkali-kali ada yang bilang sudah kayak mau nangis mukanya, ada yang sudah nangis setelah dilakukan ya,” ujar Mellisa.

Baca Juga

Polda Metro Usut Laporan Dugaan Pelecehan Terhadap Finalis Miss Universe

Mellisa menilai apabila memang ada kegiatan untuk body checking dalam ajang Miss Universe Indonesia, semestinya dilakukan sejak awal.

“Kalau ditanya secara hati nurani, mereka tentu tidak mau, itulah yang dikatakan relasi kuasa, tidak semudah itu,” kata Mellisa.

Mellisa menilai, para kompetensi para panitia Miss Universe ini patut dipertanyakan.

"Makanya kami tadi sudah sampaikan lebih jauh apakah di dalam SOP di dalam perusahaan itu selama proses perhelatan Miss Universe sudah dilakukan benar atau belum. Mereka kompeten nggak, bener nggak, sudah punya lisensi dan lain-lain. Itu kan hal-hal yang patut dipertanyakan,” tandasnya.

Sekedar informasi, kontroversi terkait adanya kabar sesi pengecekan tubuh atau body checking di ajang Miss Universe Indonesia 2023 yang diduga difoto tanpa busana berbuntut adanya laporan polisi.

Salah satu korban yang juga finalis ajang tersebut berinisial N membuat laporan ke Polda Metro Jaya, Senin (7/8).

Adapun dalam laporan tersebut sudah diterima dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA tertanggal 7 Agustus 2023 dengan terlapor yakni pihak dari PT Capella Swastika Karya dengan penyertaan Pasal 4, 5 dan Pasal 6 Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS), serta Pasal 14 dan Pasal 15 UU TPKS. (Knu)

Baca Juga

Korban Pelecehan Seksual di Ajang Miss Universe Berikan Barang Bukti Tambahan ke Polisi

#Miss Indonesia
Bagikan
Bagikan