Pulihkan Gangguan Jaringan ATM, Ini yang Dilakukan Telkomsel dan Perbankan

Thomas KukuhThomas Kukuh - Minggu, 27 Agustus 2017
Pulihkan Gangguan Jaringan ATM, Ini yang Dilakukan Telkomsel dan Perbankan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

MerahPutih.com - Otoritas sistem pembayaran Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa sampai saat ini PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan beberapa pihak perbankan terus melakukan upaya pemulihan sejumlah jaringan mesin ATM. Ya, gangguan di ribuan ATM terjadi karena anomali satelit Telkom-1 pada Jumat (25/8).

"Upaya pemulihan dilakukan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman di Jakarta, Minggu (27/8).

BI telah menerima laporan dari bank-bank yang terkena dampak dari anomali Satelit Telkom-1 dan menyimpulkan tidak seluruh ATM mengalami gangguan tersebut.

BI berjanji akan terus memantau perkembangan pemulihan gangguan ini dan terus berkoordinasi dengan perbankan maupun lembaga-lembaga terkait.

Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, tambah dia, BI terus mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan dan juga memastikan sistem transfer di perbankan berjalan normal.

"Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) masih berjalan dengan normal," katanya. (*/ant)

#ATM BCA #ATM Bank Mandiri
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan