Pulau Terpadat di Dunia Ada di Indonesia

KaptenKapten - Minggu, 09 Juli 2017
Pulau Terpadat di Dunia Ada di Indonesia
pulau Bungin terletak di teluk Alas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Blogger/Rahmanopick)

Negeri kepulauan yang tersusun dari Sabang sampai Merauke membuat pemerintah Indonesia kewalahan, bahkan tak sedikit yang hampir saja di akuisisi oleh negara lain, khususnya di pulau daerah perbatasan.

Dari banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia, siapa sangka ada sebuah pulau yang ternyata dijuluki pulau terpadat di dunia, pulau Bungin namanya.

Secara geografis, pulau Bungin terletak di teluk Alas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 70 km arah barat Kota Sumbawa.

Konon, pulau terpadat ini ditemukan oleh Palema Mayu, salah satu dari enam anak Raja Selayar, Kerajaan Tallo yang pernah dijajah oleh Majapahit saat dipimpin oleh Hayam Wuruk pada 1812.

Jika Anda berniat untuk berkunjung ke Bungin, jangan kaget jika tidak menemukan garis pantai, karena seluruh daratan di pulau ini sudah dijadikan rumah.

Pulau dengan luas 8,5 hektar itu sudah sangat padat karena dihuni oleh 5.300 penduduk. Hingga jika ada warga yang ingin membangun rumah maka ia harus mengeruk pasir dan karang mati dari laut.

Meski padat, pulau Bungin hanya ditinggali oleh satu suku, yakni suku Bajo, suku pelaut tangguh dengan julukan Orang Laut, Sama Bajau, atau Gipsi Laut yang kini tersebar di Kalimantan hingga Filipina. Dikabarkan suku Bajo berhubungan erat dengan bangsa Malagasi dari pulau Madagaskar.

Adapun adat unik yang dilakoni suku Bajo, salah satunya ketika menikah, sang suami akan mengeruk pasir dan karang mati di tengah laut untuk membangun rumah. Tidak ada batasan luas rumah yang akan dibuat, tapi seberapa sanggup sang suami melakukannya.

Dengan julukan pulau terpadat di dunia, pulau Bungin menjadi daya tari wisatawan mancanegara. Bukan karena kepadatannya saja melainkan juga adat istiadat yang dilakukan suku Bajo. (Bing)

Baca juga berita terkait: Menikmati Udara Bersih Di Pulau Giliyang

#Gajah Mada #Wisata NTB #Wisata Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan