Pulau Terkecil di Dunia Ini Ternyata Ada di Singkawang, Seberapa Besar Sih? Pulau Simping. (Foto: instagram.com/magandhimahat)

SINGKAWANG perlu kamu kunjungi ketika berwisata ke Kalimantan Barat. Di sana kamu bakal banyak menemukan hal-hal menarik, mulai dari wisata bahari, taman, kebun binatang, kuliner, hingga berwisata sejarah.

Nah, kalau kamu ingin punya sedikit pengalaman paling menarik, kamu bisa mengunjungi Pulau Simping. Bukan karena pulan indah incaran para pencinta pantai, tapi pulau satu ini sangat spesial. Apa spesialnya?

1. Pulau Simping telah tercatat di PBB

Pulau Simping. (Foto: instagram.com/instagram.com/aguzcung)
Pulau Simping diakui oleh PBB. (Foto: instagram@guzcung)

Pulau Simping masuk ke Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Jarak dari daratan ke Pulau Simping tak terlalu jauh, bahkan saat ini dibangun jembatan kecil menuju ke sana.

Pulau ini berukuran kurang dari setengah hektare. Pulau Simping terdiri dari bebatuan, pasir, dan sedikit pohon-pohon. Di atasnya ada juga sebuah klenteng kecil.

Pulau Simping cuma klaim masyarakat, tapi sudah tercatat dan diakui di PBB. Di pantai dekat pulau bahkan ditulis dalam pelang, "Tahukah Anda, Pulau Simping adalah pulai terkecil di dunia dan teleh diakui dan tercatat di PBB. mari lestarikan alam kita..."


2. Pulau Simping merupakan tempat berdoa etnis Tionghoa

Pulau Simping. (Foto: instagram.com/kizesya)
Di Pulau Simping terdapat klenteng. (Foto: instagram@izesya)

Selain diakui sebagai pulau terkecil oleh PBB, Pulau Simping merupakan pulau yang berharga bagi masyarakat sekitar. Hal itu terutama bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Di atasnya terdapat klenteng tempat keturunan Tionghoa berdoa.

Sementara daya tarik wisatawan yaitu kawasan pantainya yang termasuk dalam Sinka Island Park. Sinka Island Park itu merupakan kawasan wisata bahari yang dipadukan dengan wisata kota seperti taman dan kebun binatang. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Mau Jago Berselancar, Ini Tiga Pantai untuk Surfing Pemula hingga Pro

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy