Pulau Sebaru Sudah Steril Ilustrasi Pulau tak berpenghuni di Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta. (Foto: Instagram/thisisindonesian)

Merahputih.com - Pemerintah telah memulai proses sterilisasi lokasi observasi 188 warga negara Indonesia (WNI) di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

"Lokasi sudah steril dari segala aktivitas yang tidak berhubungan dengan proses observasi," kata Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad saat dihubungi, Selasa (25/2).

Baca Juga:

Sebar Hoaks Virus Corona, Seorang WNI Dipenjara di Malaysia

Husein menyatakan pihaknya sebagai pemerintah daerah hanya sebatas memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat, bahwa proses observasi itu tidak menggangu masyarakat.

"Lokasi observasi letaknya strategis jauh dari pulau pemukiman dan dikelilingi pulau kosong. Ini keputusan negara demi keselamatan warga,” jelas Husein.

Pengamanan Pulau Sebaru telah dilakukan beberapa hari sebelumnya, yang dibagi beberapa zona.

Pemerintah akan evakuasi WNI dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang ke Pulau Sebaru
Kapal pesiar Diamond Princess tempat dimana WNI bekerja dan sebagian terpapar virus corona (Foto: antaranews)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrano menyebutkan sebanyak 188 WNI bekerja di kapal pesiar World Dream akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Para WNI itu saat ini masih berada di perairan internasional dekat Bintan, Kepulauan Riau karena ditolak bersandar di seluruh negara termasuk Indonesia.

Baca Juga:

Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Batasi Sementara Pergerakan Wisatawan Tiongkok

Hasil pemeriksaan kesehatan ekstensif berikut suhu tubuh itu, sebagaimana dikutip Antara, menunjukkan bahwa seluruh kru WNI terbebas dari virus corona, demikian pula seluruh penumpang kapal yang telah meninggalkan kapal pada pelayaran terakhir pada 9 Februari 2020 dari Hong Kong. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH