Pulau Sambori 'Raja Ampat' Tersembunyi dari Sulawesi Tengah Kawasan Pulau Sambori, Morowali, Sulawesi Tengah (Foto: Jelajah Sulteng)

MerahPutih.Com - Pulau Sambori tampaknya masih terdengar asing bagi khalayak ramai. Gugusan pulau yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tengah ini disebut-sebut sebagai 'Raja Ampat'-nya Sulawesi.

Kawasan pulau yang terletak di Kabupaten Morowali itu masih perawan dan belum terjamah wisatawan asing. Keasrian Pulau Sambori membuat Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestariannya.

Pasalnya, menurut Gubernur Longki kawasan Pulau Sambori merupakan salah satu destinasi wisata masa depan yang akan menyedot banyak wisatawan mancanegara.

Pulau Sombori Morowali
Seorang wisatawan berpose dengan latar belakang kawasan Pulau Sambori (TripAdvisor)

"Pulau Sambori adalah daerah yang sangat indah dan menakjubkan sebagai destinasi wisata dengan target wisatawan domestik dan mancanegara," katanya saat bertatap muka dengan masyarakat Pulau Sambori, Jumat (14/9) kemarin.

Gubernur Longki Djanggola yang didampingi penjabat Bupati Morowali Bartolomeus Tandigala dan Kepala Biro Humas dan Protokol Muhammad Haris meminta Pemda Morowali dan semua instansi terkait di tingkat kabupaten dan provinsi untuk bersinergi mengembangkan destinasi ini serta mempromosikan dan menjualnya ke mancanegara.

Kepada masyarakat diminta menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta meninggalkan eksploitasi hasil laut dengan cara-cara tidak ramah lingkungan yang merusak ekosistem laut.

Pada kunjungan ke Pulau Sambori yang sebagian orang menyebutnya sebagai "Raja Ampat" nya Sulteng itu, Gubernur Longki Djanggola memasang tanda-tanda larangan membuang sampah ke laut.

Pulau Sombori di Sulawesi Tengah
Pulau Sambori disebut sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi Tengah (Foto: wisatasulteng.go.id)

Gubernur Sulteng juga mengikuti aksi peduli lingkungan dan ekosistem laut bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Sambori Diving Club (SDC) Kabupaten Morowali) berupa aksi bersih pantai dan transplantasi terumbu karang.

Kunjungan gubernur ke destinasi wisata laut unggulan Sulteng ini disambut meriah warga setempat yang umumnya nelayan.

Gubernur Sulawesi Tengah sebagaimana dilansir Antara mengunjungi sejumlah pulau menggunakan kapal kayu dan sempat singgah ke rumah Nenek Andong yang berusia satu abad sebelum menunaikan salat Jumat bersama warga setempat.

Pulau Sambori bisa dijangkau dengan menumpang pesawat terbang selama satu jam dari Bandara Mutiara Palu ke Bandara Maleo, Morowali, kemudian menumpang mobil ke Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali selama setengah jam untuk kemudian menumpang kapal cepat (speedboat) selama sekitar dua jam ke Pulau Sombori.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Buntut Kasus Raibnya Ribuan Barang Kemenpora, Roy Suryo Mundur dari Partai Demokrat?



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH