Pulau Misterius di New York Beserta Teori Konspirasi Dibaliknya Pulau misterius di New York. (Foto Observer)

GOOGLE Maps memungkinkan kita untuk bisa melihat lokasi di berbagai belahan dunia secara rinci dan mendetail, tidak terkecuali pulau misterius yang terletak di New York ini. Dilansir dari express.co.uk, telah banyak spekulasi yang dilayangkan terhadap apa yang terjadi di pulau sepanjang 4,8 km dan lebar 1,6 km tersebut. Didominasi oleh tanah berbatu sederhana yang tidak terlalu terlihat spesial, tetapi pulau Plum memiliki deretan sejarah penuh warna yang diselimuti kerahasiaan dan misteri.

1. Sejarah pulau Plum

Pulau Misterius di New York Beserta Teori Konspirasi Dibaliknya
Plum Island, New York. (Foto: WBUR)

Dibeli oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1899, pulau ini dijadikan sebagai markas militer yang disebut sebagai Fort Terry yang awalnya ditargetkan untuk menjadi pos penjaga saja sejak awal berlangsungnya Perang Dunia II dan ditinggalkan begitu saja setelah perang berakhir.

Kemudian pulau ini digunakan oleh Army Chemical Corps selama beberapa tahun sampai akhirnya digunakan lagi oleh pemerintah Amerika Serikat untuk keperluan pertanian oleh United States Department of Agriculture (USDA) dan mendirikan Plum Island Animal Disease Center (PIADC) pada tahun 1954.

2. Tempat penelitian penyakit hewan yang dijaga terlalu ketat

Pulau Misterius di New York Beserta Teori Konspirasi Dibaliknya
Pernah menjadi markas militer pada saat Perang Dunia II. (Foto: Oak Ridge Institute for Science and Education)

PIADC yang didirikan di pulau ini dikatakan berkegiatan untuk meneliti tentang penyakit yang bisa ditularkan hewan dan merusak ternak seperti penyakit kaki dan mulut serta pengembangan vaksin untuk mengatasinya.

Memang terdengar berbahaya bagi orang lain untuk mengunjunginya karena takut tertular, nampun tampaknya pulau Plum dikunci dengan keamanan yang terlalu ketat semenjak diakuisisi oleh PIADC, belum lagi ditambah dengan banyaknya tanda bahaya yang memperingatkan para perahu dan turis-turis untuk menjauh.

Karena keamanan yang dijaga berlebihan inilah yang menjadi awal mula desas-desus mengenai pulau Plum. Teori konspirasi semakin berkembang semenjak PIADC diambil alih oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat pada tahun 2003 dan dirubah menjadi fasilitas pertahanan nasional Bio and Agro.

Para wartawan, pelaut, serta berbagai orang yang penasaran terhadap pulau ini sudah diperingatkan untuk tidak mengambil gambar apalagi video yang menyangkut pulau Plum. Pekerja dan ilmuwan yang diantar bolak-balik ke area pulau ini pun dilakukan secara senyap menggunakan kapal pemerintah khusus lengkap dengan penjagaan bersenjata.

3. Diduga markas pengembangan kutu rusa yang menyebabkan wabah Lyme

Pulau Misterius di New York Beserta Teori Konspirasi Dibaliknya
Kutu kaki hitam penyebab penyakit Lyme. (Foto mysteriousuniverse.org)

Salah satu konspirasi paling gelap dari pulau ini adalah bahwa Plum telah lama digunakan sebagai fasilitas penelitian senjata biologis.

Dugaan ini diperkuat setelah terjadinya kasus wabah penyakit misterius yang terjadi pada tahun 1970 di kota yang damai di Old Lyme, Connecticut. Terletak tidak jauh dari pulau misterius ini, tepatnya 20 km, diduga wabah ini merupakan tragedi yang direkayasa oleh fasilitas pemerintah rahasia.

Penyakit ini menunjukkan gejala nyeri otot, kelelahan, tidak bisa fokus, lumpuh, dan tidak ada yang tahu mengapa, kapan dan darimana asalnya wabah ini sampai bisa sampai ke kota kecil tersebut.

Sampai akhirnya para ilmuwan berhasil mengidentifikasi bahwa penyakit yang dinamakan sebagai wabah Lyme ini disebarkan oleh kutu rusa yang mengandung bakteri Borellia burgdorferi. Bakteri kompleks dan langka tersebut mampu mengarah kepada timbulnya skizofernia kronis dan psikosis serta infeksi otak dan ensefalitis.

Tidak hanya kabar burung saja, pada tahun 2004 sebuah pengacara bernama Michael Carrol mempublikasikan buku berjudul Lab 257: The Disturbing Story of the Goverment's Secret Plum Island Germ Laboratory yang disusun dari berbagai dokumen serta wawancara orang dalam yang mendukung kesimpulannya mengenai pulau Plum sebagai sumber penelitian wabah Lyme.

Carrol juga mengatakan bahwa setelah Perang Dunia II, ilmuwan dari Jerman bernama Erich Traub diduga didatangkan ke Amerika untuk meneliti serangga pembawa penyakit berupa kutu.

4. Monster Montauk

Pulau Misterius di New York Beserta Teori Konspirasi Dibaliknya
Monster Montauk ditemukan tak jauh dari pulau Plum. (Foto: mysteriousuniverseorg)

16 km dari pulau Plum, pernah ditemukan sebuah hewan mati yang diduga sebagai spesimen eksperimen bermutasi yang melarikan diri.

Analisis yang lebih rasional mengatakan bahwa foto tersebut merujuk kepada mayat babi, anjing, atau rakun yang membusuk dengan proses pembusukan radikal sehingga mengubah penampilan hewan tersebut. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH