Pulau Karang dan Sunset, 2 Pesona Pantai Drini yang Wajib Dipamerkan di Instagram Pantai Drini. (Foto: Instagram/@arman.ardiansyah94)

BEGITU mendaratkan kaki di Pantai Drini, Anda akan segera melihat pantai yang tenang dengan pulau karang nan indah. Dahulu, pulau tersebut ditumbuhi banyak santigi yang biasa disebut drini oleh masyarakat sekitar. Anda bisa mengunjungi pulau tersebut saat laut surut.

Sebuah tangga beton tersedia untuk memudahkan Anda naik ke pulau. Dari atas pulau, Anda dapat melihat muka air laut yang tenang, gunungan alang-alang, gazebo beratap ilalang, dan perahu nelayan. Saat ini, pohon drini yang ada di pulau tersebut telah berganti dengan pandan laut yang berebut tumbuh dengan rumput.

Rumput-rumput yang ada di sana biasanya digunakan sebagai pakan ternak oleh warga. Bila dilihat dari sisi berbeda, Pantai Drini seolah memiliki karakter berbeda. Sisi timur dihiasi tebing-tebing dengan gelombang laut yang tenang. Air laut di sisi timur tenang dan cukup hangat sehingga biasa digunakan wisatawan berenang. Di sela-sela karang terdapat aneka ikan seperti goby pasir dan jambrong. Sementara sisi barat memiliki karakter ombak yang lebih kuat. Sisi barat inilah yang menjadi jalur nelayan melaut.

Bagian tengah pantai, ke arah pulau karang, terdapat kumpulan pasir halus berwarna hitam yang berpadu dengan pasir putih. Pasir hitam itu berasal dari sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Drini.

Matahari terbenam

Menikmati matahari terbenam alias sunset merupakan salah satu daya tarik Pantai Drini. Bila sering berlibur di Tanah Lot, Anda dapat melihat pemandangan matahari terbenam yang tak kalah indahnya dengan pantai berpulau karang di Bali itu.

Pedagang makanan

Layaknya di pantai lain, pedagang makanan di Drini menawarkan aneka olahan seafood. Kemudian berjejer di warung-warung yang berdiri di tepi pantai.

Waktu tempuh

Pantai Drini terletak di sisi timur pantai Baron. Posisi tepatnya ada di desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu dua hingga tiga jam.

Rute

Untuk menuju Pantai Drini dari Yogyakarta, Anda harus mengambil jalur ke Wonosari. Setelah itu dilanjutkan menuju Mulo. Dari pertigaan Mulo, ambil jalan lurus ke arah pantai Baron. Kemudian pilih jalur kiri.

Penasaran menikmati pesona Pantai Drini? Segera masukkan objek wisata yang satu ini ke dalam agenda libur tahunan Anda. Jangan lupa, jaga kebersihan pantai dan pulaunya dengan senantiasa membuang sampah pada tempatnya, ya. (*/berbagai sumber)

Cari tahu objek wisata menarik lain pada artikel 5 Wisata Populer Di Gunungkidul.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH