Pulau Jawa Memberikan Pengalaman Berbeda Berwisata Pulau Jawa jadi pulau nomor satu di dunia. (Foto: majesticjava)

INDONESIA terdiri dari 17.504 pulau. Salah satu pulau terindah yang mendapat pengakuan dari dunia internasional adalah Pulau Jawa. Hal tersebut sesuai dengan data yang dipublikasikan oleh Travel+Leisure yang menyebutkan Pulau Jawa sebagai pulau terbaik di dunia.

Pulau Jawa memiliki pesona yang mampu memikat wisatawan lokal atau mancanegara. Pulau tersebut menawarkan berbagai hiburan bagi para pelancong mulai dari budaya dan seni, kuliner, hingga petualangan. Setiap wilayah di Pulau Jawa memiliki karakteristik dan menawarkan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Berikut beberapa wisata yang ada di Pulau Jawa:

1. Kawah Putih, Ciwidey, Jawa Barat

kawah putih
(Foto: Visitnesia)

Kawah putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang, Ciwidey ini adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Nama kawah putih merujuk pada tanah di kawasan tersebut yang berwarna putih. warna putih tersebut disebabkan adanya unsur yang bercampur dengan melerang. Keunikan kawah putih Ciwidey adalah airnya yang dapat berubah warna sesuai kadar belerang, suhu dan cuaca. Suhu yang dingin, asap belerang, serta kawasan yang didominasi warna putih membuat Kawah Putih Ciwidey memiliki romantisme tersendiri. Banyak pasangan yang melakukan sesi foto prewedding di kawasan tersebut.

2. Sanghyang Heuleut, Cipatat, Jawa Barat

sanghyang heuleut
(Foto: Lembang Tourism)

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Afrika untuk merasakan sensasi berenang di antara tebing. Kita bisa merasakan sensasi tersebut di Sanghyang Heuleut, Cipatat. Tak banyak yang tahu kalau di sebuah daerah terpencil di Cipatat terdapat sebuah “harta karun” tersembunyi. Sanghyang Heuleut adalah kolam kecil yang dikelilingi oleh tebing putih besar dan terdapat air terjun kecil sebagai sumber airnya. Tempat tersebut kerap kali diguyur hujan lebat. Konon, lokasi yang tersembunyi tersebut merupakan lokasi yang strategis untuk pemandian para bidadari. Untuk itu tempat tersebut dinamakan Sanghyang yang berarti suci dan heuleut yang memiliki makna ruang antara dua dunia. Kolam ini diklaim sebagai kolam prasejarah karena telah ada sejak zaman dahulu kala.

3. Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul, Jawa Tengah

wedi ombo
(Foto: visitingjogja)

Ingin merasakan sensasi berenang di laut tanpa ombak? Pergilah ke Pantai Wedi Ombo. Di pantai yang terletak di Gunung Kidul tersebut, kita bisa bersantai di dalam air laut yang tenang. Laguna di Pantai Wedi Ombo dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapid an indah. Walaupun riaknya tenang, kita tetap harus berhati-hati. Ombak yang tinggi bisa menyapu dan menyeret kita ke karang. Cukup mengeluarkan uang Rp5000 kita bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami tersebut.

4. Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

karimun jepara
(Foto: Jabato Wisata)

Keindahan Karimunjawa sudah sangat tersohor hingga mancanegara. Pulau ini menawarkan kepulauan dan pantai yang eksotis. Para pelancong dibuat tersihir dengan hamparan pantai berwarna biru yang berpadu dengan pasir putih yang cantik. Selain snorkelling, kita bisa menghabiskan waktu sembari berenang dengan ikan hiu yang terdapat di Pulau Menjangan. Tak hanya pantai, Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove yan sejuk. Di sana terdapat 45 jenis mangrove yang di antaranya merupakan jenis langka.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

gunung bromo
(Foto: MP/Iftinavia Prdinantia)

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang teletak di Probolingga, Jawa Timur. Gunung ini dikenal sebagai ikon wisata Probolinggo yang tak pernah sepi dikunjungi. Wisatawan lokal dan mancanegara memilih untuk trekking ke gunung tersebut pada malam hari untuk menunggu sunrise. Menatap sunrise sembari menyeruput kopi atau susu panas yang dijual disekitar puncak Gunung Bromo memberi ketenangan bagi kita.

6. Taman Nasional Baluran

baluran
(Foto: majesticjava)

Kita tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk merasakan keindahan padang savana. Cukup mengunjungi padang savana di Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Di kawasan konservasi tersebut kita bisa melihat berbagai satwa liar seperti banteng, rusa, monyet ekor panjang, kerbau dan merak yang hidup bebas di hamparan savana. Di Taman Nasional Baluran tak hanya terdapat hutan savana tetapi juga evergreen, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan pegunungan bawah. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH