Pulau Handeulum Tempat Kemah Favorit di Ujung Kulon Kawasan berkemah Pulau Handeuleum, Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Wisata - Pulau Handeulum merupakan pulau terbesar di gugusan Teluk Selamat Datang Banten. Pulau dengan luas kurang lebih 220 hektare ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau Handeuleum memiliki sejuta tempat yang cocok bagi para petualang sejati. Meski begitu, berwisata di Pulau Handeulum harus didampingi penduduk lokal atau yang sudah berpengalaman sebagai pemandu. 

Selain petualangan menyusuri Sungai Cigenter dengan kayak layaknya di Amazon Amerika Selatan, beberapa destinasi wisata di pulau tak berpenghuni menjadi daya tarik tersendiri. Pulau Handeulum menjadi salah satu pulau dengan tempat terbaik untuk camping atau bekemah di Ujung Kulon. Beberapa kegiatan kemah besar pernah dilangsungkan di pulau ini.

Pulau Handeuleum menawarkan petualangan. Di pulau ini hanya terdapat satu penginapan dengan kapasitas belasan orang. Para wisatawan yang hobi autdoor harus memastikan diri untuk membawa perlengkapan berkemah dengan lengkap ketika datang ke pulau ini. Beberapa spot disediakan untuk membuka tenda, terutama di kawasan dekat pantai.

Pulau Handeuleum memiliki pasir yang sangat bagus dengan air yang sangat jernih. Pemandangan khas di pulau kecil. Beberapa destinasi wista di Pulau Handeuleum yaitu menyusuri daerah Cigenter, Padang Penggemalaan Cigenter, dan Cikabeumbeum. Anda bisa menghabiskan waktu dua hari untuk menelusuri tempat-tempat tersebut. Dan, yang lebih menarik adalah penggunakan kano atau kayak karena harus menyusuri sungai.

Sebetulnya, ada satu penginapan di Pulau Handeuleum tapi hanya untuk belasan orang. Banyak wisatawan memilih berkemah di sekitar penginapan tersebut. Kawasan kemah tersebut tidak jauh dari pantai yang dipenuhi bakau. Tiak jauh dari tempat kemah itu merupakan lokasi memancing. Sesekali rusa terlihat mendekat. Rusa-rusa di dekat penginapan sudah jinak karena sering berinteraksi dengan wisatawan.

Akses menuju Pulau Handeulum ditempuh dari Kecamatan Sumur menggunakan jasa kapal. Perjalanan memakan waktu sekira 1 jam. Apabila dari Pantai Carita, perjalanan kapal bisa mencapai sekira 2 jam. Jasa penyeberangan ini biasanya khusus membawa para wistawan untuk menuju beberapa pulau kecil di gugusan di Teluk Selamat Datang.

 

BACA JUGA:

  1. Sungai Cigenter Amazonnya Banten di Ujung Kulon
  2. Serunya Arung Jeram di Sungai Ciberang Banten
  3. Aura Mistik di Antara Aliran Sungai Ciliwung
  4. Pulau Hoga Wakatobi Wisata Laut Terindah di Dunia
  5. Cisolong Wisata Air Panas di Pandeglang


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH