Pulau Dua Surga Ribuan Burung Migran di Banten

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 24 Februari 2016
Pulau Dua Surga Ribuan Burung Migran di Banten
Pulau Dua atau Pulau Burung Serang, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Wisata - Banten merupakan provinsi paling barat di Pulau Jawa. Banten menawarkan banyak destinasi wisata alam yang indah. Destinasi wisata alam andalan di provinsi pemekaran Jawa Barat ini di antaranya kawasan-kawasan konservasi.

Anda mungkin mengenal kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten. Taman nasional pertama di Indonesia ini memang sudah mendunia dengan badak bercula satu dan destinasi baharinya. Namun sebenarnya, di Banten terdapat beberapa kawasan konservasi yang dapat menjadi destinasi wisata selain Taman Nasional Ujung Kulon. Salah satu yang menjadi incaran para wisatawan yaitu Pulau Dua.

Pulau Dua secara administratif terletak di Kecamatan Kasemen, Serang. Kawasan konservasi seluas 30 hektare ini memiliki nama lain yaitu Pulau Burung. Untuk mencapai tempat berpetualang seru ini, diakses dari Ibu Kota Serang kurang lebih 30 kilometar ke arah utara.

Meski bernama "pulau", kawasan konservasi Pulau Dua bukan sebuah pulau. Pulau Dua hanya berupa daratan yang menjorok ke laut atau tanjung. Dahulu, tanjung ini adalah sebuah pulau, namun pendangkalan membuat pulau ini menyatu dengan Pulau Jawa. Nama pulau tetap tersematkan di kawasan konservasi ini hingga sekarang.

Wisata yang ditawarkan di Pulau Dua ini adalah menyaksikan lebih dekat burung-burung liar. Keindahan kawasan pesisir menjadi daya tarik tersendiri. Hutan bakau menjadi tempat yang asik untuk berpetualang.

Trek menuju tempat-tempat pengamatan burung sudah tersedia. Selain itu ada menara pengamatan agar wistawan bisa mengamati burung-burung penghuni Pulau Dua dari ketinggian menggunakan teropong. Bagi Anda yang hobi aktivitas fotografi, Pulau Dua menawarkan tempat berburu gambar yang mengasyikkan.

Selain dapat menikmati burung asli Pulau Dua, Anda akan lebih beruntung ketika datang ke Pulau Dua saat musim migrasi burung. Pada bulan April hingga Agustus, ratusan bahkan ribuan burung bermigrasi ke Pulau Dua, dari Benua Asia, Australia, bahkan datang jauh dari Afrika.

Selain mengamati beragam jenis burung di alam liar, Pulau Dua juga menawarkan wisata bahari nan eksotis. Deretan pantai di Pulau Dua menjadi tempat wisata yang asyik. Kicauan burung menjadi penghibur setia di Pulau Dua, menghilangkan kepetatan dari rutinitas sehari-hari, sejenak merehatkan pikiran. Jika Anda mengagendakan berwisata ke Banten, Pulau Dua bisa menjadi pilihan wisata alam bebas Anda.


BACA JUGA:

  1. Wisata Sejarah di Benteng Speelwijk Banten
  2. Masjid Cikoneng Akulturasi Budaya Lampung masa Kesultanan Banten
  3. Serunya Menyaksikan Banteng Liar di Cidaon Banten
  4. Lagu Dayung Sampan Senandung Masyarakat Pesisir Banten
  5. Mercusuar Anyer, Saksi Sejuta Kisah Banten
#Provinsi Banten #Tempat Wisata Serang #Pulau Burung #Pulau Dua
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan