Pulau Dua Barat Dijual Online, Bupati Kepulauan Seribu: Kita Lagi Cari Tahu Iklan penjualan Pulau Dua Barat di kawasan Kepulauan Seribu. Foto: Net

MerahPutih.com - Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan pihaknya masih mencari tahu siapa orang yang menjual Pulau Dua Barat di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Ia pun mengakui bahwa pulau yang luasnya 78.400 meter persegi itu milik perseorangan, namun orang tersebut tak menjualnya di situs online.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad

"Kita lagi cari tahu juga, yang jelas kita tanya sama lurahnya itu. Memang pulau ada atas nama siapa saya lupa, orang lain, tapi informasi terakhir katanya orang itu justru tidak mengiklankan itu, tapi saya belum yang bersangkutan," kata Husein Murad saat menghadiri (Musrenbang) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Tahun 2019, di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (22/3).

Husein menuturkan, kasus jual beli pulau di Kepulauan Seribu melalui online sering terjadi. Lanjut dia, lantaran tidak ada yang merespon penjualan pulau pun tak berlanjut.

Munurut dia, hal itu bisa juga sebagai alat untuk mempromosikan Pulau Dua Barat.

"Tapi itu udah dari beberapa tahun yang lalu udah sering muncul berita begitu kok, tapi enggak ada lanjutannya juga. dulu ada juga berita gitu tapi enggak ada kesimpulannya juga, enggak ada yang nawar juga," tuturnya.

Iklan tersebut sempat terpampang di 99.co, namun saat ini iklan tersebut sudah tidak ada lagi di situs tersebut. Dalam iklan tersebut, dikatakan bahwa pihak penjual juga memiliki sertifikat hak milik. Pulau itu pun ditawarkan seharga Rp 243 miliar, seluas 78.400 meter persegi.

Secara administratif, Pulau Dua Barat masuk dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Dua Timur dan Pulau Pabelokan. Pulau ini berjarak sekitar 85 kilometer dari utara Kota Jakarta.

Penampakan Pulau Dua Barat, Kepulauan Seribu, di citra satelit Google Maps.
Penampakan Pulau Dua Barat, Kepulauan Seribu, di citra satelit Google Maps.

Sang pemasang iklan mengakui telah memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM atas pulau itu. Dalam situs jual beli online itu tertulis 'Pulau Dua Barat dijual seharga Rp 243.040.000.000' dengan harga tanah Rp 3,1 juta per meter.

Pihak yang memasang iklan penjualan tanah dalam situs itu tertulis bernama Elly Puspawati Widjaja. Di foto profil pemasang iklan tertulis logo agen property LJ Hooker. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH