Pulau Dodola, Destinasi Wisata yang Sudah Ada sebelum Indonesia Merdeka Pulau Dodola di Kabupaten Morotai. (Foto: Instagram@tukang_jalan)

ANTARA Pulau Sulawesi dan Morotai, terselip sebuah pulau cantik dengan pemandangan alam nan permai. Namanya Pulau Dodola. Secara geografis, pulau ini masuk wilayah Kabupaten Kepulauan Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Di sana terdapat beragam spot cantik, mulai dari pemandangan bawah laut, pantai dengan pasir halus, hingga hamparan pulau kecil nan ciamik. Pokoknya, jika berada di sana, kamu pasti akan merasakan santai saat di pantai dan selow saat di pulau.

1. Sejarah Kecantikan Pulau Dodola

Jendral Douglas MC Artur yang memimpin tentara sekutu. (Foto/morotaiisland-morotaiisland.blogspot.com)
Jendral Douglas MC Artur yang memimpin tentara sekutu. (Foto: morotaiisland-morotaiisland.blogspot.com)

Tak banyak yang tahu ternyata Pulau Dodola sudah menjadi destinasi wisata jauh sebelu Indonesia terbentuk dalam sebuah negara. Seperti dilansir laman Pulaumorotaikab.go.id, Pulau Dodola dahulu merupakan tempat wisata tentara Amerika Serikat.

Pada saat Perang Dunia II, Jendral Douglas MC Artur yang memimpin tentara sekutu untuk merebut wilayah timur Indonesia kerap menghabiskan akhir pekan bersama bawahannya dengan bersantai di tempat ini.

2. Panorama Alam Pulau Dodola

Bersampan di Pulau Dodola. (Instagram/@exploredolan.id)
Bersampan di Pulau Dodola. (Foto: Instagram@exploredolan.id)

Kecantikan pertama yang bisa kamu lihat saat berada di pulau ialah pantai bersih dengan pasir putih yang menghubungkan antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Airnya jernih dan sangat cocok untuk berenang.

Selain itu, ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini, di antaranya seperti berenang, menyelam, memancing maupun bermain speedboat.

Di dalam pulau, terdapat sebuah hutan bakau yang sangat cantik. Kamu bisa menikmati suasana itu sembari berjalan di atas jembatan kece yang sudah disediakan.

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib