Pulang Liburan ke Rumah Jangan Ciptakan Badai Jangan rusak liburan kamu dengan keluarga menjadi berantakan. (Foto: Pexels/furkanfdemir)

BANYAK orang yang memutuskan untuk pergi merantau dan jauh dari keluarganya karena banyak faktor. Seperti bekerja, mengejar pendidikan, dan masih banyak lagi. Tanggal merah biasanya merupakan hari yang mereka tunggu-tunggu. Karena hanya ditanggal merah tersebut mereka bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga mereka di kampung halaman.

Dikutip dari Psychology Today, liburan keluarga, reuni, dan jamuan keluarga dapat mencakup percakapan dan situasi yang hangat dan bersemangat, serta adanya pertukaran pendapat setiap anggota keluarga, salah satunya saat duduk di meja makan.

Karena merantau, kita menjadi jarang sekali bertemu dengan anggota keluarga satu sama lain. Sehingga pada saat sudah lama tidak berkumpul dan berbicang satu sama lain, sering terdapat hal-hal yang dirasa kurang baik dan bisa menciptakan situasi yang menegangkan dan bisa menimbulkan 'badai' dalam perkumpulan keluarga tersebut. Oleh karena itu, hal tersebut tentunya bisa dicegah dengan beberapa hal.

Baca Juga:

Berliburlah untuk Kelangsungan Hidup

keluarag
Niat merupakan keinginan yang disertai dengan adanya komitmen. (Foto: Pexels/Askar Abayev)

Niat

Yang perlu dilakukan sebelum mengunjungi keluarga di kampung halaman yaitu niat. Karena apabila dari diri sendiri saja tidak punya niat, tentunya liburan yang dijalankan tidak akan terasa menyenangkan. Niat merupakan keinginan yang disertai dengan adanya komitmen untuk melakukan apapun yang mmenjadi sumber tenaga dan kekuatan kita, agar keinginan tersebut bisa terpenuhi. Pada saat bertemu dengan keluarga, niat yang diperlukan juga bisa seperti, niat untuk bersikap baik selama kembali ke kampung halaman, tidak berdebat dengan anggota keluarga, dan sebagainya.

Persiapan

Biasanya sikap dan tingkah laku masa lalu kamu aktif kembali ketika berhadapan dengan keluarga yang dahulu tinggal bersama dan bertemu setiap hari. Pada saat mengingat masa lalu, mungkin ada perbuatan dan luka yang masih sering teringat hingga saat ini. Oleh karena itu, ada baiknya kamu bersiap untuk tetap tenang, tenang, dan tenang pada saat sedang berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga:

Sebelum Kembali ke Sekolah, Terapkan Pelatihan Emosi untuk Anak

gawai
Jangan terpaku pada ponsel dan sejenisnya. (Foto: Pexels/Adrianna Calvo)

Tak usah berdebat

Pada saat berdebat, tentunya ada yang hanya mendengarkan dan ada yang berbicara. Namun, orang yang hanya mendengarkan bukan berarti dirinya setuju dengan pendapat tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjelaskan baik-baik pendapat kamu, berikan perhatian penuh, dan ajak berkomunikasi dengan baik sampai mereka berbicara mengenai pendapatnya.

Setiap manusia pasti berhak untuk mengeluarkan argumennya. Celakanya orang-orang dapat dengan mudah terlibat argumen. Padahal juga mudah untuk menghindari argumen. Seringkali, orang merasa bahwa apabila argumennya yang paling benar, menjadi pemenang. Namun, lebih baik, apabila ada anggota keluarga yang mencoba memberikan argumennya, jadilah pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar, bukan hal yang tidak mungkin, kamu mendapatkan pembelajaran.

Kehadiran

Tentunya pada saat sudah menyiapkan niat untuk berkumpul keluarga, berkomitmen untuk tetap hadir selama liburan berlangsung, sangatlag diperlukan. Jadi hindari menggunakan ponsel, menonton televisi, atau menggunakan gawai lainnya saat berkumpul. Pastikan kehadiran kamu itu menjadi kenangan bagi orang-orang di sekitar kamu saat liburan. (yos)

Baca Juga:

Cara Mengembalikan Pola Tidur yang Benar Sebelum Kembali Sekolah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pengisi Suara Ellie dan Joel Terlibat dalam Serial The Last of Us
Fun
Pengisi Suara Ellie dan Joel Terlibat dalam Serial The Last of Us

Dua wajah baru yang akan bermain di serial The Last of Us.

Kisah Tom Felton 'Si Draco Malfoy' Lepas dari Ketergantungan Alkohol
ShowBiz
Kisah Tom Felton 'Si Draco Malfoy' Lepas dari Ketergantungan Alkohol

Sering kali diingatkan oleh orang terdekatnya untuk berhenti minum-minum.

Ngemil Jadi Bentuk Self Reward untuk Kesehatan Mental
Fun
Ngemil Jadi Bentuk Self Reward untuk Kesehatan Mental

Aktivitas ngemil ternyata bisa jadi metode untuk menjaga kesehatan mental.

'Nope' Berhasil Geser Dominasi 'Thor: Love and Thunder' di Box Office AS
ShowBiz
Aplikasi PS App Hadir Kembali, Pemain Bisa Berbagi Klip dari PS 5
Fun
Aplikasi PS App Hadir Kembali, Pemain Bisa Berbagi Klip dari PS 5

Pemain bisa melihat sebagian klip yang dibagikan teman maupun komunitas dalam satu gim.

Nitrogen Cair pada Es Krim, Berbahayakah?
Hiburan & Gaya Hidup
Nitrogen Cair pada Es Krim, Berbahayakah?

Walaupun nitrogen cair tak beracun, apabila prosedur dan teknik pembuatannya diterapkan serampangan pada makanan, memungkinkan orang cedera.

Mengapa Kucing Minum Banyak Air?
Fun
Mengapa Kucing Minum Banyak Air?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kucing minum lebih banyak air.

Jangan Terlalu Sering Sleep Call
Fun
Jangan Terlalu Sering Sleep Call

Sleep call sering dilakukan hanya untuk menjaga komunikasi.

Reverse Vending Machine Eiger untuk Recharge Kondisi Bumi
Fun
Reverse Vending Machine Eiger untuk Recharge Kondisi Bumi

EIGER akan hadirkan mesin daur ulang di setiap gerai.

McLaren Putus Kontrak Ricciardo Setahun Lebih Cepat
Hiburan & Gaya Hidup
McLaren Putus Kontrak Ricciardo Setahun Lebih Cepat

Padahal, masih punya kontrak hingga 2023.