Pulang Kerja Ngaret Terus? Cobain Trik Ini Trik agar kamu tidak perlu lembur terus-terusan. (Foto: Pexels/Tim Gouw)

PALING sebal kalau sudah waktunya jam pulang tapi pekerjaan masih menumpuk dan harus selesai pada hari itu juga. Jelas membuat waktu istirahat di rumah menjadi berkurang.

Namun, sebenarnya ada trik untuk kamu agar kamu bisa pulang tepat waktu. Coba deh!

Baca Juga:

Negara Ini Punya Jam Kerja Paling Rendah Namun Produktivitas Paling Tinggi di Dunia!

1. Jangan multi-tasking

kerja
Fokuslah pada satu pekerjaan jangan berusaha multitasking. (Foto: Pexels/energepic.com)


Mungkin kamu berpikir bila kerjakan tugas-tugas secara bersamaan bisa jadi lebih efektif. Namun sebenarnya malah kebalikannya kamu jadi tidak bisa fokus pada satu pekerjaan dan jadi tidak produktif. Karena kamu bingung mau memprioritaskan yang mana dahulu. Jadi lebih baik kerjakan saja satu-satu, jangan kerjain bersamaan agar lebih produktif.


2. Istirahat dengan bijak

kerja
Istirahat bisa membantumu lebih produktif dan segar. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu harus tetap beristirahat meskipun pekerjaan kamu masih banyak. Istirahat bisa digunakan untuk menyegarkan otak agar lebih produktif lagi. Bisa sekedar jalan keluar kantor atau makan keluar untuk mendapatkan inspirasi lebih banyak dan tidak jenuh dengan keadaan kantor yang seperti itu saja.


3. Hindari makan siang terlalu banyak

kerja
Makan terlalu banyak bisa buat ngantuk. (Foto: Pexels/Keegan Evans)

Makan siang hingga kenyang sebenarnya kurang baik untuk kesehatan. Makan terlalu banyak bisa membuat kamu mengantuk dan jelas konsentrasi akan berkurang. Jadi lebih baik makan siang secukupnya agar tetap produktif dan tidak kelaparan saat di kantor.

Baca Juga:

Mengatasi Kejenuhan Kerja, Jangan forsir Otak

4. Hindari rapat yang membuang waktu

kerja
Hindari rapat yang membuang waktu. (Foto: Pexels/Fauxels)

Banyak yang bilang kalau rapat itu bisa membuat pegawai lebih produktif karena banyak inspirasi yang bisa membantu sampai ke tujuan. Tapi biasanya waktu untuk rapat tidaklah sebentar sehingga pekerjaan hari itu akan terbengkalai yang malah buat kita jadi telat pulang. Solusinya adalah coba sarana lain untuk berdiskusi, bisa menggunakan video call, e-mail, atau sejenisnya.


5. Manfaatkan waktu perjalanan

kerja
Coba menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam perjalanan ke kantor. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Bila kepepet banget dan masih banyak yang harus dikerjakan, kamu bisa gunakan waktu perjalananmu dari rumah ke kantor. Sekedar untuk membalas e-mail atau mengatur jadwal hari itu agar lebih produktif. Ini bisa membantumu untuk menyisihkan lebih banyak waktu dibandingkan harus mengejar semuanya ketika sampai di kantor.

Itulah beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat pekerjaanmu, jangan lupa dicoba ya biar kamu bisa pulang tepat waktu tanpa harus mengorbankan waktu istirahatmu! (lio)


Baca Juga:

Kerja Dulu Baru Kuliah? Kenapa Enggak



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH