Pulang Dari Dinas Luar Kota, PNS Cirebon Harus Tes Swab Test massa COVID 19 oleh Mabes Polri. (Foto: Kanugrahana)

MerahPutih.com - Mengantisipasi penyebaran virus di kantor perkantoran pemerintah Kota Cirebon, Dinas Kesehatan, sudah melakukan penyemprotan desinfektan. Selain itu, berencana melakukan swab secara rutin setiap bulannya.

"Bilamana melakukan perjalanan luar kota atau kedatangan keluarga untuk secepatnya melakukan swab," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni.

Ia menegaskan, pihaknya masih mendalami munculnya kasus di perkantoran pemerintah, apakah kasus ini bisa dikategorikan pada klaster baru atau tidak. Saat ini, pihaknya menemukan sebanyak 6 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:

Klaster Secapa COVID TNI-AD Terus Berkurang

Rinciannya, terdiri dari 5 orang di kantor Dinas Kesehatan dan 1 orang di kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan untuk kasus terkonfirmasi positif di kantor BKAD, sebanyak 60 orang sudah dilakukan tes swab massal.

Ia mengakui, jika ada potensi transmisi di Dinkes, mengingat Dinkes hingga sampai sekarang masih memberikan pelayanan secara langsung. Tetapi, pelayanan terus berlangsung. Namun, kegiatan pertemuan di puskesmas dengan dinas kesehatan dilakukan secara online.

Kadis Kesehatan Cirebon
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Enny Suhaeni. (Foto: Mauritz)


Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad menyatakan, sosialisasi dan edukasi amat krusial dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat terapkan protokol kesehatan.

"Sosialisasi ini juga tentunya bisa dilakukan dengan kearifan lokal. Misalnya melalui pertunjukan wayang online dan kesenian daerah lain. Selama vaksin belum ada, selama obatnya belum ada, bahaya virus corona ini masih ada. Virus ini tidak mengenal siapa dan tidak mengenal tempat," katanya. (Mauritz)

Baca Juga:
Kasus COVID-19 Melonjak, Wakapolri Tambah Personel Awasi Protokol Kesehatan


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH