Pujian dan Kritikan Scott Redding untuk Sirkuit Mandalika Pembalap Aruba.it Racing Ducati Scott Redding melempar sepatunya ke arah penonton seusai menyelesaikan race 2 WSBK seri Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

MerahPutih.com - Penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) telah selesai digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu dan Minggu (20-21/11).

Perhelatan ajang balap motor dunia itu diwarnai dengan penundaan race 1 akibat guyuran hujan deras disertai angin kencang yang membuat race director memutuskan memundurkan jadwal ke hari Minggu pagi WIB.

Baca Juga

'Diasapi' Jonathan Rea di Mandalika, Toprak Razgatlioglu Juara Dunia

Race 2 WSBK Mandalika juga sempat mengalami penundaan beberapa jam karena hujan deras dan balapan diperpendek dari 21 ke 12 lap saja.

Pembalap tim Aruba.It Racing-Ducati, Scott Redding tampil mengesankan dalam dua race di Mandalika. Pada race 1, eks pembalap MotoGP itu berada di posisi ketiga dibelakang Jonathan Rea dan juara dunia baru Toprak Razgatlioglu

Redding juga memberanikan diri tampil menekan di balapan basah Race 2 yang sempat ditunda satu jam setengah jam karena hujan deras dan finis lebih baik satu posisi sebagai runner-up di saat Rea tampil dominan meraih kemenangan keduanya di trek Mandalika.

"Saya berada di pitbox dan saya bilang saya tidak ingin tidak membalap, paling tidak mencoba karena ini di pengujung kejuaraan dan untuk semua fan Indonesia. Kita harus mencoba," ucap Redding dikutip Antara, Senin (22/11)

"Saya akan mencoba tikungan pertama dan melihat apa yang terjadi dan menyajikan pertunjukan. Saya biasanya konservatif tetapi tidak hari ini, saya banyak menyalip dan menyalip karena saya ingin menghibur. Saya kira Jonathan juga demikian," katanya

Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK Jonathan Rea (kiri) melaju di depan pebalap Motocorsa Racing Alex Bassani (kanan) dan pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (tengah) saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.
Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK Jonathan Rea (kiri) melaju di depan pembalap Motocorsa Racing Alex Bassani (kanan) dan pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (tengah) saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.

Pembalap yang bakal pindah ke tim BMW Motorrad musim depan ini mengaku terkejut trek sirkuit Mandalika tetap membuat ban melekat dengan grip yang banyak kendati tergenang air. Itulah mengapa para pebalap mampu tampil kencang di Race 2 yang basah.

"Ketika saya di belakang saya merasa lebih cepat lalu saya menyalipnya. Ketika dia di belakang, dia merasa lebih kencang lalu menyalip lagi, ini aneh," kata mantan pebalap MotoGP itu.

"Tapi saya rasa itu karena kami beradaptasi di setiap lapnya dan luar biasa menyelesaikan balapan dengan cara ini di akhir musim," ujarnya.

Baca Juga

Race 1 Superbike Resmi Diundur, Ini Jadwal Hari Minggu

"Mungkin salah satu pertarungan terbaik yang pernah saya jalani khususnya di kondisi hujan. Saya sangat senang menjalani balapan ini," kata Redding

"Treknya memiliki grip yang sangat banyak, jadi ini cukup mengasyikkan karena tidak banyak slide jadi Anda bisa tampil menekan sama halnya di kondisi kering," sambungnya

"Apabila suhunya lebih rendah saya rasa trek ini memiliki grip yang banyak tapi hingga kini, ini balapan yang asyik di Mandalika." ungkapnya

Satu hal yang menjadi perhatian Redding adalah perlunya panitia memperbaiki saluran drainase sirkuit karena ketika hujan turun, air tidak cepat terbuang dan sejumlah trek terdapat genangan air.

"Trek ini dibangun dalam waktu yang cukup cepat. Ketika terburu-buru Anda sering membuat kesalahan, itu normal dan tentunya jangan berharap hujan, hujan deras seperti ini," kata dia.

"Drainase salah satu hal yang perlu ditingkatkan tapi kita masih belajar karena ketika kita melihat ke sini enam bulan lalu ini belum jadi apa-apa," kata Redding yang menutup musim di peringkat tiga klasemen itu setelah Razgatlioglu merebut titel juara dunia pertamanya mematahkan dominasi enam musim Rea. (*)

Baca Juga

Cuaca Buruk, Pembalap Asik Telanjang Mandi Hujan di Kawasan Sirkuit Mandalika

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Klasemen Sementara Medali SEA Games 2021: Indonesia di Posisi Ketiga
Olahraga
Klasemen Sementara Medali SEA Games 2021: Indonesia di Posisi Ketiga

Kontingen Merah Putih mendapat total tiga emas dan empat perak, sehingga kini berada di tempat ketiga klasemen.

Jadwal Semifinal FIBA Asia Cup 2022
Olahraga
Jadwal Semifinal FIBA Asia Cup 2022

Australia pun melangkah ke semifinal untuk kali kedua.

Liverpool dan Real Madrid Berebut Wonderkid Milik Borussia Dortmund
Olahraga
Liverpool dan Real Madrid Berebut Wonderkid Milik Borussia Dortmund

Jude Bellingham diincar oleh Liverpool dan Real Madrid. Wonderkid Borussia Dortmund ini akan menjadi investasi jangka panjang.

Dewa United FC Mulai Latihan Perdana Besok
Olahraga
Dewa United FC Mulai Latihan Perdana Besok

"Untuk basecamp saat ini kami masih dalam penggodokan ada beberapa tempat. Kalau latihan kami rencana 6 April akan mulai. Dengan persiapan ini, kami berharap bisa maksimal di Liga 1," tambahnya

Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Keputusan Tepat
Olahraga
Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Keputusan Tepat

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menilai, pertimbangan utama pelatih Shin Tae-yong sudah tepat.

Dewa United FC Gandeng Ajax Amsterdam Kembangkan Akademi
Olahraga
Dewa United FC Gandeng Ajax Amsterdam Kembangkan Akademi

Kini, klub asal Tangerang Selatan itu menggandeng raksasa Belanda, Ajax Amsterdam guna mengembangkan akademi Dewa United.

Hasil Undian Piala Asia U-20, Timnas Indonesia di Grup A
Olahraga
Hasil Undian Piala Asia U-20, Timnas Indonesia di Grup A

timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Indonesia 0-4 Thailand: Gajah Perang Superior
Olahraga
Indonesia 0-4 Thailand: Gajah Perang Superior

Skor 4-0 untuk Thailand bertahan hingga laga usai.

Berikut Susunan Pemain Tim Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games 2021
Olahraga
Berikut Susunan Pemain Tim Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Babak semifinal Sepak Bola SEA Games 2021 antara Thailand dan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, akan berlangsung beberapa saat lagi, tepatnya mulai pukul 16.00 WIB. Dalam daftar susunan pemain yang diterima, Timnas Indonesia U-23 kembali mengandalkan poros Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman untuk membongkar pertahanan Thailand.

Rasa Haru Atlet Sepeda Saat Disambut Pulang di Tanah Air
Olahraga
Rasa Haru Atlet Sepeda Saat Disambut Pulang di Tanah Air

Fanani menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 16,41 menit. Sedangkan Ihza menyelesaikan lomba di urutan kedua usai menghabiskan empat lap trek sejauh 5,2 Km (total 20,8 Km).