Pujian dan Kritikan Scott Redding untuk Sirkuit Mandalika Pembalap Aruba.it Racing Ducati Scott Redding melempar sepatunya ke arah penonton seusai menyelesaikan race 2 WSBK seri Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

MerahPutih.com - Penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) telah selesai digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu dan Minggu (20-21/11).

Perhelatan ajang balap motor dunia itu diwarnai dengan penundaan race 1 akibat guyuran hujan deras disertai angin kencang yang membuat race director memutuskan memundurkan jadwal ke hari Minggu pagi WIB.

Baca Juga

'Diasapi' Jonathan Rea di Mandalika, Toprak Razgatlioglu Juara Dunia

Race 2 WSBK Mandalika juga sempat mengalami penundaan beberapa jam karena hujan deras dan balapan diperpendek dari 21 ke 12 lap saja.

Pembalap tim Aruba.It Racing-Ducati, Scott Redding tampil mengesankan dalam dua race di Mandalika. Pada race 1, eks pembalap MotoGP itu berada di posisi ketiga dibelakang Jonathan Rea dan juara dunia baru Toprak Razgatlioglu

Redding juga memberanikan diri tampil menekan di balapan basah Race 2 yang sempat ditunda satu jam setengah jam karena hujan deras dan finis lebih baik satu posisi sebagai runner-up di saat Rea tampil dominan meraih kemenangan keduanya di trek Mandalika.

"Saya berada di pitbox dan saya bilang saya tidak ingin tidak membalap, paling tidak mencoba karena ini di pengujung kejuaraan dan untuk semua fan Indonesia. Kita harus mencoba," ucap Redding dikutip Antara, Senin (22/11)

"Saya akan mencoba tikungan pertama dan melihat apa yang terjadi dan menyajikan pertunjukan. Saya biasanya konservatif tetapi tidak hari ini, saya banyak menyalip dan menyalip karena saya ingin menghibur. Saya kira Jonathan juga demikian," katanya

Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK Jonathan Rea (kiri) melaju di depan pebalap Motocorsa Racing Alex Bassani (kanan) dan pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (tengah) saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.
Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK Jonathan Rea (kiri) melaju di depan pembalap Motocorsa Racing Alex Bassani (kanan) dan pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (tengah) saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.

Pembalap yang bakal pindah ke tim BMW Motorrad musim depan ini mengaku terkejut trek sirkuit Mandalika tetap membuat ban melekat dengan grip yang banyak kendati tergenang air. Itulah mengapa para pebalap mampu tampil kencang di Race 2 yang basah.

"Ketika saya di belakang saya merasa lebih cepat lalu saya menyalipnya. Ketika dia di belakang, dia merasa lebih kencang lalu menyalip lagi, ini aneh," kata mantan pebalap MotoGP itu.

"Tapi saya rasa itu karena kami beradaptasi di setiap lapnya dan luar biasa menyelesaikan balapan dengan cara ini di akhir musim," ujarnya.

Baca Juga

Race 1 Superbike Resmi Diundur, Ini Jadwal Hari Minggu

"Mungkin salah satu pertarungan terbaik yang pernah saya jalani khususnya di kondisi hujan. Saya sangat senang menjalani balapan ini," kata Redding

"Treknya memiliki grip yang sangat banyak, jadi ini cukup mengasyikkan karena tidak banyak slide jadi Anda bisa tampil menekan sama halnya di kondisi kering," sambungnya

"Apabila suhunya lebih rendah saya rasa trek ini memiliki grip yang banyak tapi hingga kini, ini balapan yang asyik di Mandalika." ungkapnya

Satu hal yang menjadi perhatian Redding adalah perlunya panitia memperbaiki saluran drainase sirkuit karena ketika hujan turun, air tidak cepat terbuang dan sejumlah trek terdapat genangan air.

"Trek ini dibangun dalam waktu yang cukup cepat. Ketika terburu-buru Anda sering membuat kesalahan, itu normal dan tentunya jangan berharap hujan, hujan deras seperti ini," kata dia.

"Drainase salah satu hal yang perlu ditingkatkan tapi kita masih belajar karena ketika kita melihat ke sini enam bulan lalu ini belum jadi apa-apa," kata Redding yang menutup musim di peringkat tiga klasemen itu setelah Razgatlioglu merebut titel juara dunia pertamanya mematahkan dominasi enam musim Rea. (*)

Baca Juga

Cuaca Buruk, Pembalap Asik Telanjang Mandi Hujan di Kawasan Sirkuit Mandalika

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jejak Koeman bersama Barca, 'Kehilangan' Messi Hingga Akhirnya Dipecat
Olahraga
Jejak Koeman bersama Barca, 'Kehilangan' Messi Hingga Akhirnya Dipecat

Barcelona resmi memecat Ronald Koeman sebagai manajernya setelah menerima kekalahan dari Rayo Vallecano.

Jelang Indonesia Vs Afghanistan, Egy Maulana Tebar Psywar ke Omran Haydary
Olahraga
Jelang Indonesia Vs Afghanistan, Egy Maulana Tebar Psywar ke Omran Haydary

Sebelum terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), jebolan Diklat Ragunan itu mengatakan, kepada Omran untuk berhati-hati dengan Indonesia.

Ketum PSSI Pastikan Polisi Belum Beri Izin Kompetisi
Olahraga
Ketum PSSI Pastikan Polisi Belum Beri Izin Kompetisi

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan kepolisian belum memberikan izin untuk menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Mengapa Italia Perkasa di Piala Eropa 2020? Simak 5 Resepnya
Olahraga
Mengapa Italia Perkasa di Piala Eropa 2020? Simak 5 Resepnya

Gli Azzurri menyapu bersih tiga kemenangan dan tanpa kebobolan sebiji gol pun.

Timnas Indonesia Tantang Afghanistan di Dubai
Olahraga
Timnas Indonesia Tantang Afghanistan di Dubai

"Iya benar, Afghanistan mengajak Timnas Indonesia melakukan uji coba di Dubai. Kami dari PSSI pun mendapatkan konfirmasi dari pihak Afghanistan tersebut," kata Yunus Nusi

Harapan Anies di HUT ke-93 Persija Jakarta
Olahraga
Harapan Anies di HUT ke-93 Persija Jakarta

Salah satunya datang dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Orang nomor satu di ibu kota itu harap Persija terus berbenah dan berinovasi sehingga dapat mencapai hasil maksimal dalam setiap kompetisi yang diikuti.

Dapat Tugas Anyar, Kapolri Listyo Kini Ngurusin Persepedaan Nasional
Olahraga
Dapat Tugas Anyar, Kapolri Listyo Kini Ngurusin Persepedaan Nasional

Terpilihnya Listyo Sigit Prabowo menggantikan posisi ketua umum periode 2019-2023 Raja Sapta Oktohari yang harus mundur dari jabatannya karena tidak bisa merangkap jabatan.

Calon Lawan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol
Olahraga
Calon Lawan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol

"Untuk lawan uji coba sendiri, kami sedang proses finalisasi. Beberapa klub dan negara sekitaran Spanyol atau Kota Salou akan menjadi lawan uji tanding Timnas Indonesia U-19," ujarnya.

8 Fakta Menarik Iringi Kesuksesan Villarreal Juara Europa League 2020-2021
Olahraga
8 Fakta Menarik Iringi Kesuksesan Villarreal Juara Europa League 2020-2021

Villarreal mengangkat trofi Europa League setelah mengalahkan Manchester United melalui drama adu penalti pada final yang berlangsung di Stadion Miejski, Kamis (27/5) dini hari WIB.

Liga 1 Belum Dapat Izin Polri, Menpora Buka Suara
Olahraga
Liga 1 Belum Dapat Izin Polri, Menpora Buka Suara

Kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 masih gelap. Pasalnya, hingga kini pihak Polri belum memberikan izin keramaian kepada PSSI dan PT Liga Indonesia.