Pudarkan Rasa Insecure dengan Film-Film Inspiratif Insecure mengganggu kesehatan mental. (Foto: Pixabay/jeffjuit)

INSECURE merupakan perasaan kurang percara diri yang dialami banyak orang dalam kehidupan. Bila rasa cemas terhadap diri sendiri ini dirasakan terus menerus akan mengganggu kesehatan mental pada gilirannya.

Dilansir dari Halodoc, rasa insecure merupakan kondisi mental seseorang yang sedang merasakan rasa cemas dan takut yang belebihan. Menjadikan seseorang melakukan segala sesuatu secara hati-hati. Tak jarang rasa insecure membuat seseorang berpikir curiga terhadap orang lain di sekitarnya.

Baca juga:

Biar Enggak Merasa Insecure, Atasi dengan 5 Cara ini

Terlalu sering merasa insecure akan berpengaruh pada kepercayaan diri kita sendiri, seringkali membuat seseorang menghindari tugas-tugas yang harus dihadapi.

Dikutip dari Good Therapy, insecurity menyebabkan munculnya pikiran negatif tentang kemampuan kita untuk mencapai tujuan, beradaptasi dengan teman-teman, dan menemukan dirinya akan diterima dala lingkungan tersebut.

Hal ini seringkali muncul dalam bentuk rasa khawatir, takut, dan ragu pada diri sendiri. Sehingga merasa tidak mampu pada diri sendiri. Kondisi seperti ini membuat seseorang akan merasa tertekan untuk menghadapi tantangan.

Nah, ada kisah-kisah inspiratif yang dirangkum ke dalam film untuk mengubah hidupmu menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan melawan rasa insecure. Yuk cek beberapa di antaranya.

1. Imperfect: Karier Cinta dan Timbangan

Film dengan genre komedi percintaan ini rilis pada 2019. Menceritakan kisah seorang perempuan bernama Rara yang memiliki tubuh gemuk dan berkulit lebih gelap dibandingkan dengan adiknya.

Tumbuh dengan insecurity, pada akhirnya pekerjaan yang menuntut dirinya untuk merubah penampilan. Kisah yang digarap oleh Ernest Prakasa dan Meira Anastasia memiliki jalan cerita yang menginspirasi perempuan untuk menerima dan percaya diri dari fisik dan hatinya.

Baca juga:

Playlist Lagu Ini Bisa Memberikan Rasa Nyaman dan Meningkatkan Kepercayaan Diri

2. Brave

Film animasi ini merupakan kisah putri kerajaan bernama Merida yang terus mencoba untuk menjadi dirinya sendiri. Peraturan istana membuat dirinya harus tampil feminin dan tidak menjadi dirinya sendiri. Melalui film ini, kita diingatkan untuk terus memperjuangkan jati diri kita yang sesungguhnya.

3. I Feel Pretty

Film yang rilis pada 2018 ini mengisahkan seorang wanita bernama Renee Barret yang terus berjuang dalam hidupnya. Ia terus berjuang menumbuhkan rasa percaya diri agar merasakan nyaman dalam hidupnya dan tidak takut lagi akan kekurangan yag dimilikinya. (ren)

Baca juga:

Nonton 'The World of The Married' Bikin Perempuan Stres, ini Penjelasan Psikologisnya



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH