PUBG Resmi Dilarang di Nepal. Indonesia Kapan? PUBG resmi dilarang di Nepal. (Sumber: Ist)

PLAYERUNKNOWN'S Battlegrounds (PUBG) menjadi salah satu gim ponsel yang paling digemari oleh kalangan anak muda. Namun, gim yang dirilis bulan Maret 2017 tak akan bisa dimainkan oleh masyarakat Nepal. Pihak pemerintah setempat resmi melarang permainan tersebut.

Alasannya gim PUBG sangat berdampak negatif bagi perilaku anak. Seperti yang dilaporkan Kathmandu Post, Departemen Telekomunikasi Nepal pada Kamis (11/4) malam, waktu setempat mengintruksikan semua penyedia layanan telepon genggam dan internet untuk melarang PUBG.

PUBG (Sumber: Android Authority)
Laporan masyarakat yang membuat gim ini dilarang. (Sumber: Android Authority)

Larangan ini bermula saat satuan polisi dari Divisi Pidana Metropolitan Kathmandu mengajukan Litigasi Kepentingan Umum di Pegadilan Kathmandu sehari sebelumnya.

Dalam pengajuan itu divisi pidana mengatakan kalau permainan PUBG berbahaya. "Memiliki dampak negatif pada prilaku dan studi anak kecil dan pemuda," katanya.

Divisi pidana juga kerap menerima laporan dari sejumlah orang tua, sekolah dan perhimpunan sekolah terkait dampak negatif dari permainan itu. Kemudian pihak kepolisian melakukan kajian hingga membuat keputusan final.

"Kami juga mengadakan pembahasan dengan ahli ilmu jiwa sebelum meminta izin Pengadilan Wilayah Kathmandu untuk melarang permainan ini," kata Dhiraj Pratap Singh, perwira senior polisi di Ibu Kota Nepal, Kathmandu.

PUBG (Sumber: Ist)
PUBG yang dinilai memiliki dampak negatif (Sumber: Ist)

Nepal bukanlah yang pertama yang melarang PUBG. Sebelumnya pemerintah India lebih dulu melakukan pelarangan pada 9 Maret lalu. Alasannya PUBG menjadi sumber kemalasan para pemuda India. Bahkan beberapa kekerasan di India dipicu oleh gim tersebut.

Setelah dilakukan pelarangan, pihak kepolisian India melakukan tindakan tegas jika ada orang yang memainkan gim tersebut. Terbukti selang beberapa hari setelah pelarangan itu, ada 16 mahasiswa yang ditangkap karena bermain PUBG.

Keputusan Nepal itu menjadikan negara ini negara kedua yang melarang PUBG. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Hingga saat ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih melakukan kajian tentang dampak burung gim tersebut. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH