PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar Prizepool PINC 2019 Mencapai 1 Miliar Rupiah (Foto: pubgmobile.com)

SIAPA yang tidak mengenal PlayerUnknown's Battlegrounds versi mobile? Game bergenre battle royale yang bisa dinikmati melalui smartphone ini belakangan sangat populer di berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Tahun lalu, game PUBG Mobile sempat menggelar turnamen yang bernama PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018.

PINC 2018 diselenggarakan pada tanggal 20-21 Oktober di Britama Arena Jakarta. Dengan total hadiah mencapai Rp700 juta dan 12 tim yang bertanding. Tim Bigetron E-Sports berhasil meraih Juara 1 dengan membawa pulang hadiah senilai Rp188,5 juta diikuti oleh tim PG Barracx sebagai runner-up dengan membawa pulang hadiah Rp87 juta dan pemain dari tim PG Barracx juga membawa pulang sebuah smartphone terbaru saat itu sebagai "terminator" atau yang paling banyak medapatkan kill di turnamen itu.

1. Babak Penyisihan dengan Persaingan yang Semakin Ketat

PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar
Hanya 15 Tim Terpilih dari 1620 Squad (Foto: pubgmobile.com)


PINC 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juli 2019 di Tennis Indoor Stadium, Senayan, Jakarta. Direncanakan, PINC 2019 akan menggelar babak kualifikasi dari 48 kota di Indonesia. Dengan membagi menjadi satu Open Qualifier dan 13 Regional Qualifier.

Akan ada 1620 squad dengan total 8100 pemain yang akan saling bertanding untuk memperebutkan gelar sebagai Juara di PINC 2019. Turnamen ini akan terbagi menjadi beberapa tahap mulai dari Online Regional Qualifier, Offline City Qualifier dan berakhir di Tennis Indoor Senayan saat Grand Final.

2 Timeline PINC 2019

PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar
PINC 2019 Terbagi Menjadi 4 Babak Kualifikasi (Foto: Instagram @realpubgm.id)


Pada babak awal Kualifikasi (15 April-24 Juni) Kualifikasi antar regional dilakukan secara Online. Akan ada sebanyak 120 Squad dari setiap regional yang mendaftar. Ada 13 regional yang terpilih, dan berikut daftar lengkapnya :

1. Central 1 Jakarta : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
2. Sumatera 1 Medan : Aceh, Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo
3. Sumatera 2 Padang : Padang, Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh dan Pekanbaru.
4. Sumatera 3 Palembang : Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Lampung
5. Jawa 1 Bandung : Bandung dan Cimahi
6. Jawa 2 Yogyakarta : Yogyakarta, Sleman, dan Bantul
7. Jawa 3 Surabaya : Surabaya, Sidoarjo, Gresik Mojokerto, Lamongan, Bangkalan dan Malang
8. Jawa 4 Semarang : Semarang, Solo, Kendal, Salatiga, Demak dan Grobogan
9. Kalimantan 1 Pontianak : Pontianak, Singkawang dan Ketapang
10. Kalimantan 2 Balikpapan : Balikpapan, Kutai dan Samarinda
11. Sulawesi 1 Manado : Manado, Bitung dan Minahasa Utara
12. Sulawesi 2 Makassar : Makassar, Masos, Gowa dan Takalar
13. Bali : Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan.

Dengan pembagian menjadi enam grup, masing-masing grup akan diisi dengan 20 squad. Dengan bertanding sebanyak dua ronde di map yang akan diacak dengan mode Third Person Perspective (TPP). Di akhir babak kualifikasi online regional, akan ada 10 squad dengan pencapaian tertinggi dari masing-masing grup yang akan melaju ke kualifikasi offline dalam satu kota tersebut.

Offline City Qualifier (20 April-30 Juni) dari 13 regional yang terpilih akan mempertandingkan 60 squad dari pemenang kualifikasi regional online dan akan bertanding sebanyak dua ronde yakni TPP ERANGEL dan TPP MIRAMAR.

Enam squad yang berhasil menduduki posisi tertinggi akan melanjutkan ke babak final City Qualifier dimana akan ada tiga ronde sebagai penentu untuk memperebutkan satu tiket menuju babak Grand Final di Jakarta. Terkecuali Jakarta dan Bandung, kedua kota ini akan mengirimkan masing-masing dua perwakilan (peringkat satu dan dua) untuk bertanding di Grand Final.

Baca juga:

TIM PUBG dan DOTA 2 Terbaik Indonesia Siap Perebutkan Rp6 Miliar di Asia Pasific Predator League 2019

16 Kampus Masuk Putaran Final e-Sport PUBG Mobile Campus Championship Indonesia

Game PUBG Akan Dihapus? Begini Jawaban Menkominfo

Open Qualifier (6 Juli), kualifikasi ini dibuka untuk kelompok squad yang tidak sempat mendaftar di regional qualifier. Dari total 60 tim yang mendaftar akan dibagi menjadi tiga grup dan hanya ada satu tiket untuk squad terbaik yang akan lanjut ke babak grand final nanti.

Grand Final (13-14 Juli), dari total 15 team yang terpilih dari setiap 13 regional qualifier, dua special regional team dan satu open qualifier akan bertanding pada 13 Juli-14 Juli di Tennis Indoor Stadium, Senayan, Jakarta.

3. Pembagian Prize Pool

PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar
Pembagian Prizepool untuk Setiap Posisi di Grand Final (Foto: Gcube.id)


Dengan total hadiah mencapai 1 Miliar, pembagian prize pool dibagi menjadi beberapa tingkatan. Adapun sistematik pembagian hadiah dalam turnamen yakni sebagai berikut:

1st Place : RP400 Juta
2nd Place : RP200 Juta
3rd Place : RP90 Juta
4th Place : RP60 Juta
5th-8th Place : RP25 Juta
9th-16th Place : RP10 Juta

(riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH