Puasa Tak Hanya Meningkatkan Keimanan Tetapi Meningkatkan Kesehehatan Puasa banyak manfaatnya bagi tubuh. (Foto: hearstapps)

HARI pertama bulan Ramadan, umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat. Dalam agama Islam, puasa Ramadan merupakan salah satu ritual keagamaan yang harus dilakukan selama bulan Ramadan. Selain untuk ibadah, praktik puasa ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan loh. Berikut sejumlah manfaat puasa:

Mengurangi Kadar Lemak

Apakah kau berencana mengurangi berat badan? Puasa merupakan momen yang tepat! Selama berpuasa, kita berhenti mengonsumsi makanan dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Tubuh pun akan otomatis membakar lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Imbangi ibadah puasamu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dengan demikian, tubuh akan kehilangan lemak dalam jumlah ekstra dan bobot akan berkurang secara signifikan.


Menjaga Berat Badan

Tak hanya mengurangi bobot tubuh, puasa juga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Ketika berpuasa, secara otomatis kita telah membatasi asupan kalori. Mau tak mau tubuh akan mengambil cadangan lemak untuk dibakar menjadi energi agar bisa beraktivitas dengan normal. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, puasa akan mengikis pasokan lemak dalam tubuh. Berat badan pun akan terjaga dalam taraf ideal.

puasa berat badan
Puasa dapat menjaga berat badan. (Foto: rd)


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Go-Dok, puasa efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Saat berpuasa, produksi hormone adrenalin akan berkurang. Hasinya pembuluh darah perifer akan melebar sehingga tekanan serta volume darah ke jantung menurun. Selain membuat jantung berdetak dengan teratur, kondisi tersebut dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.


Memperpanjang Usia

Tak banyak yang tahu bahwa puasa ternyata bermanfaat untuk memperpanjang usia. Selama berpuasa, kita menerapkan pola makan yang rotatif sehingga secara otomatis tubuh akan menurunkan sekresi insulin dan hormon lainnya yang ada pada sistem pencernaan. Hal tersebut dipercaya para ahli endokrinologi sebagai rahasia untuk memiliki umur panjang.

puasa
Manfaat puasa selain keimanan adalah memperpanjang usia. (Foto: intoxxfitness)


Meningkatkan Fungsi Organ dan Sel Tubuh

Saat berpuasa organ-organ dalam tubuh berada dalam keadaan rileks. Hal tersebut member kesempatan bagi orang untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selama puasa porgan-organ tubuh juga menunjukkan peningkatan dari sisi fungsi dan kinerja.


Merangsang Perbaikan Sistem Imun

Puasa dapat merangsang produksi limfosit dalam tubuh. Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Puasa dapat merangsang produksi limfosit 10 kali lipat dari kondisi asli. Hasilnya kita pun terhindar dari serangan penyakit sebab sistem kekebalan tubuh membaik.

Demikian beberapa manfaat yang kita dapatkan selama berpuasa. Usai berpuasa, kita tetap harus mengontrol asupan makanan. Kurangi konsumsi makanan manis atau berminyak. Dengan demikian, manfaat yang kita dapatkan akan terasa maksimal. Selamat berpuasa! (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH