Puasa Sebentar Lagi, Yuk Baca Aturan Makan Kolak bagi Penderita Diabetes

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 29 April 2019
Puasa Sebentar Lagi, Yuk Baca Aturan Makan Kolak bagi Penderita Diabetes
Penderita diabetes masih boleh makan kolak dengan beberapa aturan. (Foto: Pixabay/lacuisinesportive)

BULAN Ramadan sebentar lagi tinggal menghitung hari. Satu hal yang paling menonjol saat bulan puasa yaitu banyaknya makanan. Terutama makanan berbuka saat jelang magrib.

Salah satu makanan khas Ramadan yang pasti ada yaitu kolak. Kolak adalah salah satu menu Ramadan yang paling dinanti. Namun bagi penderita diabetes, apakah makan kolak aman bagi penderita diabetes?

1. Pilih bahan kolak satu jenis

 Penderita diabetes harus pilih satu jenis kolak. (Foto: instagram.com/dianashop2211)
Penderita diabetes harus pilih satu jenis kolak. (Foto: instagram.com/dianashop2211)

Para penderita diabetes tetap bisa menikmatinya akan tetapi ada syaratnya. Misalnya pemilihan jenis kolak sebaiknya hanya satu jenis saja.

"Sebenarnya penderita diabetes boleh makan apa saja tapi harus ingat porsi. Kolak juga boleh tapi harus dipilih mau pisang, ubi, atau kolang-kaling. Jangan semuanya mau dimakan, bagus kalau mau makannya kolang-kaling. Kuahnya juga dikit saja, biar berasa," ujar dr Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah di Jakarta, seperti dikutip Antara.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Hati-Hati, Sekarang Usia 30-an Rentan Penyakit Jatung


2. Menu sahur hingga buka penderita diabetes

 Penderita diabetes harus mengatur menu dengan tepat. (Foto: Pixabay/hsu027)
Penderita diabetes harus mengatur menu dengan tepat. (Foto: Pixabay/hsu027)


Para penderita diabetes harus mengatur menu makan dengan takaran yang tepat. Pada saat sahur, baiknya mengonsumsi makanan yang terdiri dari serat yang tinggi, protein, dan lemak.

Dalam porsi satu piring, setidaknya ada nasi, sayur, kacang-kacang, dan daging dengan sedikit lemak. Lalu susu rendah lemak, buah yang mengandung banyak air dan kurma.

Pada menu buka puasa, penderita diabetes harus membatasi makanan atau minuman yang tinggi gula. Untuk makan besarnya, wajib dengan komposisi lengkap seperti sahur dan pada selingan malam hari bisa mengonsumsi makanan tinggi serat.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Yuk Makan Pindang Patin, Berikut Rahasia Kesehatannya untuk Tubuh


3. Hindari proses masak dengan digoreng

Proses masak sebisa mungkin menghindari yang digoreng. (Foto: Pixabay/Lebensmittelfotos)
Proses masak sebisa mungkin menghindari yang digoreng. (Foto: Pixabay/Lebensmittelfotos)

Proses masak dianjurkan sebisa mungkin menghindari yang digoreng. Akan lebih baik jika makanan dimasak dengan cara direbus, bakar, kukus, panggang, tumis, dan segar atau mentah untuk sayur-sayuran.

"Untuk orang diabetes, prinsipnya dia bangun jam 3, terus minum susu rendah lemak. Jelang imsak baru mulai makan. Kenapa mepet? Supaya gula darah tidak cepat turun. Waktu sahur harus ada serat, protein dan sedikit lemak. Karbohidrat juga harus ada," jelas Juwalita.

"Untuk berbuka, pilih makanan berbuka yang ada gula tapi tinggi serat dan ada protein. Di dalam buah kan ada serat, kalau gula pasir enggak ada seratnya. Kalau kurma ada serat. Orang diabetes boleh makan kurma tapi cuma dua sampai tiga butir saja. Dia juga punya kalium. Baru setelah itu makan malam," lanjutnya.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bolehkah Penderita Diabetes Tetap Berpuasa? Ini Penjelasan Medisnya


4. Tetap olahraga saat puasa bagi penderita diabetes

Penderita diabetes tetap berolahraga saat puasa. (Foto: Pixabay/Pexels)
Penderita diabetes tetap berolahraga saat puasa. (Foto: Pixabay/Pexels)

Sementara itu, berolahraga juga tetap dianjurkan untuk para penderita diabetes saat berpuasa, namun dengan intensitas yang ringan.

"Kayak jalan 30 menit menjelang buka. Jangan cari olahraga yang kemungkinan keluar keringat banyak karena nanti malah dehidrasi. Setelah berbuka makan untuk mengembalikan gula darahnya. Intinya enggak boleh olahraga terlalu berat," kata Juwalita. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Tempat Berkemah Terbaik di Dunia untuk Keluarga Pecinta Alam

#Bulan Ramadan #Menu Buka Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan