Puasa Media Sosial Banyak Manfaatnya Lho! Kamu Pasti Bisa Tanpa media sosial lebih menyenangkan. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

DI tengah zaman yang serba canggih ini, bisa jadi kamu pernah merasakan lelah di dunia maya. Mungkin saja kamu menghabiskan aktivitas sehari-hari terfokus pada media sosial. Sudah saatnya kamu berhenti sejenak dari media sosial. Ada baiknya melakukan puasa media sosial.

Lakukanlah puasa satu sampai tiga hari kalau mau bisa satu minggu. Pada periode itu bisa jadi kurang update kabar terbaru entah itu dari WhatsApp grup, Instagram dan sebagainya, Sebenarnya tidak ada ruginya, karena hidup terus bergulir meski tanpa media sosial.

Bahkan jika kamu puasa sejenak dari media sosial kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang mungkin tak pernah terpikir sebelumnya. Apa saja manfaatnya?

1. Lebih Menikmati Sekelilingmu

kehidupan
Tanpa media sosial dapat lebih mengeksplor sekeliling. (Foto: Pixabay/fietzfotos)

Kesibukan media sosial seakan membutakan kamu pada sekeliling. Berpuasa dari media sosial dapat melihat dengan jelas segala kejadian di sekelilingmu yang mungkin sebelumnya tak kamu sadari. Seperti halnya ada tempat-tempat nongkrong dan kuliner menarik disekitar rumahmu, atau ada tetangga baru yang kece hehehe, asyik bukan?

2. Lebih Fokus dengan diri sendiri

Tanpa media sosial kamu dapat lebih memikirkan diri sendiri. (Foto: Pixabay/free-photos)

Setiap hari mungkin kamu sibuk dengan smartphone untuk berswafoto atau mengunggah segala hal di media sosialmu. Dengan berpuasa dari media sosial maka kamu akan bisa melihat dunia ini dari sudut pandangmu sendiri, bukan sekedar pencitraan di media sosial. Disini kamu akan fokus pada kegiatanmu yang selama ini mungkin tertunda gara-gara waktumu habis dengan media sosial. Seperti menyusun rapih barang-barang pada kamarmu, ataupun beres-beres rumah. Lebih berfaedah bukan?

3. Jadi Diri Sendiri

Tak perlu menunjukan diri lebih baik pada orang lain. (Foto: pixabay/4653867)

Pada media sosial, jutaan orang berlomba-lomba untuk menunjukan diri mereka yang lebih baik dibanding orang lainnya. Seperti unjuk prestasi, ekonomi ataupun berbagai keahlian. Dari mulai pamer foto barang-barang mewah, makanan, cafe elite, hotel elite dan sebagainya agar terlihat berkelas di dunia maya. Paling tidak ini akan memancing iri dan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Alhasil kamu bisa galau dan pusing jika harus memaksakan diri mengikuti gaya hidup yang serba mewah. Tapi dengan puasa di media sosial, kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang kamu punya. Tak lagi membandingkan diri kamu dengan kehidupan orang lain.

4. Intim dengan Orang Terkasih

Lebih menyenangkan karena waktu bersama orang-orang tercinta tak terganggu. (Foto: Pixabay/adinavoicu)

Berkumpul bersama keluarga sebenarnya waktu terbaik, sayangnya kualitasnya tersita oleh kesibukan pada masing-masing media sosial. Dengan kamu puasa sejenak dari media sosial maka kualitas bersama orang-orang terkasih akan lebih baik.


5. Komunikasi Jadi Lebih Baik

Komunikasi langsung menjadi lebih berarti. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Pada media sosial mungkin kamu saat berkomunikasi kerap kali tak memikirkan sopan santun berbahasa. Malahan cenderung tidak memikirkan orang yang berada di seberang. Puasa media sosial akan membuat kamu merasakan nikmatnya berkomunikasi secara langsung tatap muka. Dari situ kamu bisa menerapkan kembali aturan sopan santun dalam berbahasa. Bahkan menghidupkan kembali budaya Indonesia yang menjunjung tinggi tata krama dan kesopanan.


Nah, bagaimana guys? Apakah kalian tertarik untuk menghilang sejenak dari media sosial? (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH