Puasa Gadget Bikin Hidup Lebih Berwarna Puasa gadget akan membuat Anda memiliki waktu luang. (Foto: GettyImages)

Jadwal tidur sering mundur akibat keasyikan "ngoprek" gadget atau gawai? Tandanya, Anda harus segera puasa gadget. Selagi Ramadan, manfaatkan ajang ini untuk menjaga nafsu memegang ponsel, laptop dan komputer jika tidak ada urusan dengan pekerjaan.

Seorang psikolog dari New York University, Adam Alter, telah lima tahun meneliti efek menatap layar terhadap kehidupan manusia dan berapa banyak waktu terbuang karenanya.

Ia mempresentasikan hasil penelitiannya di TED 2017. Sahabat MerahPutih mungkin sering merasa tidak memiliki waktu luang. Anda benar, karena waktu yang ada habis untuk memelototi layar ponsel, tablet laptop, komputer, dan televisi. Inilah fenomena yang terjadi sekarang. Padahal, pada 2007, Anda relatif menghabiskan sedikit waktu untuk memegang gadget. Maka, tidak heran pada era tersebut orang lebih banyak memiliki waktu senggang.

Alter menyebutkan pula kalau layar gadget telah merampas "isyarat berhenti". Bandingkan dengan koran. Anda akan selesai membacanya ketika halaman terakhir sudah dibaca. Sementara pada gadget tidak ada penanda waktu yang jelas untuk berhenti. Akibatnya, Anda pun tidak pernah bisa berhenti, kecuali jika memiliki kemauan keras untuk menyetopnya.

Tak ketinggalan, Alter mengungkapkan pula data bahwa kebanyakan orang menghabiskan waktu sembilan menit sehari untuk membuka aplikasi yang disenangi. Itu jauh lebih singkat dibandingkan menghabiskan waktu 27 menit untuk membuka aplikasi yang membuat mereka merasa buruk.

Bingung bagaimana cara memulai puasa gadget? Tentukan saja jadwal spesifik untuk puasa dari gadget. Lalu giatkan kembali kebiasaan lama. Jika melakukannya secara rutin, Anda lama kelamaan akan terbiasa. Berani mencoba?

Sumber: ANTARA.

Baca juga artikel Cara Mengetahui Gadget Anda Palsu Atau Asli.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH