Ramadan 2022

Puasa Bermakna, Penuh Berkah

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 15 April 2022
Puasa Bermakna, Penuh Berkah
Nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. (Foto: ayo bantu)

BULAN Ramadan dikenal sebagai bulan penuh berkah. Selama sebulan penuh, umat muslim bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus yang diwujudkan dalam berpuasa. Lebih dari itu, Ramadan adalah momen yang tepat untuk refleksi diri.

Namun, keadaan pandemi tentu bukan alasan untuk tidak bersemangat puasa dan berbenah diri. Berikut ini tips agar puasa kamu menjadi lebih bermakna.

Baca Juga:

Pemerintah Perpanjang Jam Operasional Tempat Makan, Kangen-Kangenan Bukber Jadi Lebih Berkualitas

sedekah
Orang yang berpuasa juga memerlukan asupan rohani dari para pendakwah. (Foto: ayo bantu)

Persiapkan sahur dan buka puasa dengan baik, tampaknya sederhana, namun bisa membuat puasamu menjadi bermakna. Mulailah dengan membantu anggota keluarga atau teman satu kost untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka. Tentunya kini semakin banyak kemudahan dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memesan makanan pada banyak platform daring yang siap diantar. Jangan lupa dan jika memungkinkan berbuka puasa dan
sahurlah bersama keluarga ya!

Ada baiknya nonton program dakwah secara daring selain asupan hiburan dari film atau maraton serial dari penyedia layanan OTT kala menunggu waktu berbuka. Orang yang berpuasa juga memerlukan asupan rohani dari para pendakwah. Namun, karena masih dalam kondisi pandemi, disarankan untuk mengikuti kajian kerohanian melalui berbagai platform digital.

Berhubung kini pemerintah mulai melonggarkan aturan bepergian jarak jauh, umat muslim kini lebih leluasa untuk melakukan wisata religi saat bulan Ramadan. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia tentu saja menyimpan banyak peninggalan sejarah tokoh-tokoh penting agama Islam yang tersebar di penjuru Nusantara. Selain itu merasakan berpuasa di tempat yang berbeda saat traveling bisa memberikan kesan tersendiri.

Masing-masing daerah di Nusantara mempunyai tradisi berpuasa yang unik. Ngabuburit sambil menjelajahi tempat-tempat baru bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah dilipatgandakannya pahala dari sebuah kebaikan, termasuk bersedekah. Menurut HR. Bukhari-Muslim, "Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan
Ramadan."

Baca Juga:

Kangen Berburu Takjil? Berikut Tempat Ngabuburit Paling Legendaris di Jakarta

sedekah
Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan
Ramadan. (Foto: ayo bantu)

Kini dengan bantuan teknologi, bersedekah tidak harus selalu dengan cara konvensional, mengingat telah banyak platform digital yang bisa menerima dan menyalurkan sedekah kepada pihak yang tepat.

Salah satu platform digital yang dapat digunakan adalah Ayobantu. Platform donasi online ini berada di bawah naungan Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia, yang berdiri di Semarang, Jawa Tengah pada awal tahun 2020. Platfom ini terbilang mudah dan efisien, karena dapat diakses melalui website resminya yang beralamat
di www.ayobantu.com.

Kamu dapat memilih donasi yang terbagi ke dalam delapan kategori. Metode pembayarannya pun beragam, mulai dari bank transfer, e-wallet, hingga aset kripto yang dikonversikan ke mata uang Rupiah.

Jika ragu, kamu dapat mengecek transparansi setiap donasi yang telah dilakukan dan verifikasi kebenaran datanya. Selanjutnya, setiap penyaluran dari donatur akan terdokumentasi agar para donatur bisa mengawasi penyaluran donasi. Proses pengumpulan dana pun bisa diawasi secara real time melalui website resminya.

Setiap pengguna bisa membuka halaman penggalangan dananya sendiri di platform ini. Terbuka bagi penggalangan dana yang dikelola oleh individual, komunitas, maupun korporat, setiap penggalang dana (fundraiser) akan mendapatkan satu halaman dashboard tersendiri. Maknai puasamu dan tabur kebaikan di bulan penuh berkah ini! (DGS)

Baca Juga:

Kejayaan Islam di Spanyol Tertuang dalam Menu Ramadan

#Lipsus April Puasa #Puasa #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan