Puan Tepis Isu Kerenggangan Jokowi-Megawati Akibat PDIP Tolak Jabatan Presiden 3 Periode

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 25 Oktober 2023
Puan Tepis Isu Kerenggangan Jokowi-Megawati Akibat PDIP Tolak Jabatan Presiden 3 Periode
Puan Maharani. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Hubungan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Jokowi diisukan merenggang. Akar permasalahannya disebut-sebut lantaran PDIP menolak wacana perpanjangan masa jabatan Jokowi menjadi tiga periode.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan tegas membantahnya. Dia memastikan Jokowi tidak pernah meminta agar masa baktinya sebagai kepala negara diperpanjang.

Pernyataan Puan sekaligus membantah ucapan politikus PDIP Adian Napitupulu yang menyebut dinginnya hubungan Megawati dan Jokowi karena isu penolakan jabatan tiga periode.

“Enggak, enggak pernah. Setahu saya enggak pernah beliau (Jokowi) meminta untuk perpanjangan tiga periode,” kata Puan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Menurut Puan, tidak ada alasan maupun dasar hukum yang dapat memperpanjang masa tugas Jokowi.

Dia menjelaskan jabatan Presiden telah secara jelas diatur pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Beleid tersebut berbunyi masa bakti presiden maksimal dua periode.

“Jadi kalau kemudian ada perpanjangan itu mekanismenya dari mana, kemudian seperti apa waktu itu kan tidak ada mekanisme yang kemudian memungkinkan untuk kita melakukan perpanjangan atau melakukan tiga periode,” jelas Puan.

Puan menilai Jokowi adalah sosok negarawan. Sehingga dia meyakini Jokowi tidak akan memberikan dukungan politiknya pada salah satu pasangan calon di Pilpres 2024.

“Pak jokowi kan seorang negarawan dan menyatakan siap menjadi presiden bagi seluruh rakyat indonesia dan tidak akan berpihak kepada siapa pun dari ketiga calon tersebut,” pungkasnya. (Pon)

#Presiden Jokowi #Puan Maharani #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan