Puan Sebut PDIP dan PKB sebagai Partai 'Wong Sandal Jepit' Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9). Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9)

Pertemuan tersebut sekaligus membuka sinyal kerja sama antara PDIP dan PKB untuk Pemilu 2024. Muhaimin Iskandar atau biasa dipanggil Cak Imin diketahui punya kedekatan dengan ayah kandung Puan tersebut sejak masih muda.

Baca Juga

Rayakan Ultah Bareng Puan, Cak Imin Berharap jadi Wapres

"Alhamdulillah, kita sudah sama-sama melakukan tahlil, yasin, ikhtiar aswaja untuk bisa mendoakan almarhum Pak Taufiq Kiemas," kata Puan.

Usai berziarah, Puan dan Cak Imin berjalan kaki menuju tempat makan Pecel Pincuk yang berada di area komplek TMP Kalibata. Kedua pimpinan DPR itu sempat duduk terpisah dengan jajaran partainya dan berbincang serius.

Setelahnya, Puan bersama elite PDIP memberikan kejutan kue untuk Cak Imin yang kemarin berulang tahun. Menurut Puan, ia dan Cak Imin sudah seperti saudara karena telah berjuang sejak masa orde baru.

"Kami berdua kenalnya dari SMA dan mahasiswa, dan sampai di sini sebagai Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR. Kami berharap pertemuan ini akan membawa berkah, kebersamaan sebagai saudara,” tuturnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9). Foto: Twitter/@puanmaharani_ri

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menambahkan, dirinya bersama Cak Imin sudah sering bertukar pikiran. Puan menegaskan, pertemuan hari ini juga masih seputar bagaimana ke depan membangun bangsa ini menjadi lebih baik.

“Sekarang sudah bersama, cuma harapan itu (ke depan) lebih bisa bersama-sama. Dan tentu saja pertemuan ini seperti yang sudah saya sampaikan di pertemuan lalu, dengan NasDem, Gerindra, harapannya adalah bagaimana ke depan kita bisa sama-sama mencari pemikiran, membangun bangsa. Bukan hanya di kontestasi 2024 tapi justru paska kontestasi 2024,” jelas Puan.

Baca Juga

FX Hadi Rudyatmo Bicara soal Pembentukan Dewan Kolonel oleh Loyalis Puan

Puan mengatakan, ia dan Cak Imin sudah terbiasa bertemu dalam berbagai kondisi. Tidak terkecuali di warung makan sederhana seperti yang dilakukan hari ini karena punya kedekatan, baik secara pribadi ataupun dalam politik.

"Biasanya pertemuan di kantor, di rumah. Ini di tempat pecel, karena PDIP dan PKB sama-sama partainya wong sandal jepit, wong cilik,” sebut Puan.

"Pertemuan hari ini spesial. Karena selain Cak Imin ulang tahun, tapi pertemuan ini sebagai pijakan momentum bahwa kami memang menyepakati ke depannya akan mencoba mencari kebersamaan yang sama sehingga bisa membangun bangsa dan negara sama-sama," urai Puan.

Puan pun menyatakan, pertemuan ini menjadi pembuka kemungkinan kerja sama PDIP dan PKB di Pemilu 2024. Apalagi, baik ia dan Cak Imin maupun PDIP dan PKB sudah memiliki hubungan serta kerja sama yang baik sejak lama.

"Sebagai saudara, pastinya kita tetap menyadari kapan waktunya bertanding, kapan waktunya bersaing. Itu yang paling penting. Jadi karena masih satu tahun saya rasa masih bisa terus terbangun, terbuka, untuk menyamakan visi-misi, cita-cita," jelas Puan.

Ketua DPP PDIP Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Twitter/@puanmaharani_ri

Sementara itu, Cak Imin menyampaikan rasa terima kasihnya atas pemberian kue ulang tahun dari Puan dan PDIP. Ia juga mengungkap ikut berziarah dengan Puan karena Taufiq Kiemas sudah ia anggap sebagai ayahnya sendiri karena sejak masih menjadi aktivis, Cak Imin ikut memperjuangkan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di masa orde baru.

"Pak Taufiq Kiemas (TK) setiap hari memberi kami gagasan, ide, akhirnya seperti ayah sendiri. Bahkan ketika kami butuh apa, SPP kurang, Pak TK yang bantu. Bahkan terakhir saya mau ngelamar istri saya nggak punya duit, minta Pak Taufiq Kiemas. Jadi itu orangtua kami betul," terang Cak Imin.

Cak Imin juga mengharapkan bisa terus berkoalisi dengan PDIP. Meski PKB telah menyepakati kerja sama dengan Gerindra untuk Pemilu 2024, menurutnya, dinamika politik masih bisa berkembang.

"Semoga ini yang menjadi jalan dan perjalanan koalisi masih satu tahun. Semoga ada rintisan-rintisan terus, perkembangan akan dinamis. Yang jelas kita berharap PDIP bisa terus bareng PKB seperti sekarang," tutupnya. (Asp)

Baca Juga

Besok, Cak Imin Adakan Pertemuan dengan Puan Maharani di TMP Kalibata

Penulis : Asropih Asropih
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pj DKI 1 Tindak Lanjuti Peringatan Cuaca Ekstrem Akhir Tahun dari Jokowi
Indonesia
Pj DKI 1 Tindak Lanjuti Peringatan Cuaca Ekstrem Akhir Tahun dari Jokowi

Pemerintah DKI Jakarta akan berkomunikasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait cuaca ekstrem.

 Indonesia Berpeluang Ambil Alih Distribusi Komoditas Minerba ke Eropa
Indonesia
Indonesia Berpeluang Ambil Alih Distribusi Komoditas Minerba ke Eropa

Saat ini, 30 persen total kebutuhan Gas Uni Eropa dipenuhi dari Rusia yang pengirimannya dilakukan melalui jalur pipa.

KPK Suarakan Pemuda Bangun Budaya Antikorupsi
Indonesia
KPK Suarakan Pemuda Bangun Budaya Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10). Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana bertugas sebagai Inspektur Upacara.

Akhir Bulan Ini Taman Tebet Eco Park Bakal Dibuka Kembali
Indonesia
Akhir Bulan Ini Taman Tebet Eco Park Bakal Dibuka Kembali

Taman Tebet Eco Park yang berlokasi di Jakarta Selatan bakal dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir bulan Juli ini.

Kaesang Sebut Persis Solo Tetap Main Serius di Tengah Isu Liga 1 Tanpa Degradasi
Indonesia
Kaesang Sebut Persis Solo Tetap Main Serius di Tengah Isu Liga 1 Tanpa Degradasi

Direktur Utama (Dirut) Persis Solo, Kaesang Pangarep manegaskan Liga 1 musim 2022/2023 tanpa degradasi belum menjadi keputusan final PT LIB dan PSSI. Atas dasar itu, ia memastikan Persis Solo tetap bermain serius setiap pertandingan Liga 1.

Gubernur Sevastopol Klaim Tewaskan Panglima Armada Laut Hitam Rusia
Dunia
Gubernur Sevastopol Klaim Tewaskan Panglima Armada Laut Hitam Rusia

Gubernur sevastopol mengklaim bahwa salah satu panglima angkatan laut senior Armada Laut Hitam Rusia tewas dalam perang di wilayah berbatasan dengan Laut Hitam tersebut.

Gejala Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Sulit Kencing hingga Air Seni Sedikit
Indonesia
Gejala Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Sulit Kencing hingga Air Seni Sedikit

Sebanyak 55 persen dari jumlah kasus meninggal dunia atau 133 anak.

Jabar Siagakan 30 Ribu Personel untuk Amankan Arus Mudik Lebaran
Indonesia
Jabar Siagakan 30 Ribu Personel untuk Amankan Arus Mudik Lebaran

Menurut Emil, 30.000 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan dinas terkait dari Pemprov Jabar disiagakan untuk mengawal arus mudik Lebaran 2022 di Jabar.

Hujan Masih Guyur Jakarta, 19 RT Terendam Banjir hingga 1 Meter
Indonesia
Hujan Masih Guyur Jakarta, 19 RT Terendam Banjir hingga 1 Meter

sebanyak 19 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pun terendam banjir. Sebelumnya, pada pukul 15.00 WIB, baru dua RT yang kebanjiran.

KPK Buka Opsi Panggil Paksa jika Andi Arief Tak Kooperatif Lagi
Indonesia
KPK Buka Opsi Panggil Paksa jika Andi Arief Tak Kooperatif Lagi

KPK memastikan surat pemanggilan terhadap Andi Arief sudah disampaikan KPK pada 23 Maret 2022.