Puan: Satgas DPR untuk Bantu Pemerintah Tangani COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 09 April 2020
Puan: Satgas DPR untuk Bantu Pemerintah Tangani COVID-19
Ketua DPR RI Puan Maharani (Antara/Istimewa)

MerahPutih.com - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan langkah lembaganya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 bertujuan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi virus corona di tiap daerah.

Menurut Puan, satgas tersebut dibentuk untuk membangun sinergi dari para donatur yang peduli dalam melawan COVID-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah.

Baca Juga:

Tim Pengawas DPR Pelototi Pemerintah agar Tak Lambat Tanggulangi COVID-19

"Termasuk memenuhi kebutuhan dasar atau sembako masyarakat yang terdampak ekonomi dari wabah COVID-19," kata Puan saat memberikan sambutan pembentukan Satgas Lawan COVID-19 melalui video conference, di Jakarta, Kamis (9/4), dikutip Antara.

Puan menjelaskan, selain menghimpun sumbangan dari donatur, satgas juga mengkoordinasikan sumbangan dari para anggota DPR sehingga tidak menggunakan anggaran DPR sama sekali.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa Satgas Lawan COVID-19 tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, melainkan sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker, alat pelindung diri (APD), serta ventilator dan alat pendukung medis lainnya.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.)
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.)

"Semuanya langsung didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan, ke puskesmas dan ke kelurahan. Kami juga menerima bantuan sembako yang akan langsung didistribusikan ke warga," ujarnya.

Puan menjelaskan, pendistribusian bantuan akan dipantau Satgas Lawan COVID-19 melalui satuan-satuan kerja Satgas Daerah Lawan COVID-19 dan mekanisme kerjanya akan dilakukan melalui aplikasi atau website SatgasLawanCovid19.com.

Menurut dia, aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan rumah sakit rujukan serta puskesmas-puskesmas dan apabila membutuhkan alat kesehatan, bisa langsung mengisi formulir di aplikasi tersebut untuk kebutuhan tiga bulan ke depan.

Baca Juga:

Umat Katolik Solo Rayakan Paskah di Rumah, Misa Lewat Live Streaming

Dia mengatakan, mekanisme yang sama juga berlaku dalam penyaluran bantuan sembako. Pada tahap awal, bantuan akan difokuskan kepada masyarakat terdampak ekonomi di wilayah Jabodetabek.

Dia berharap melalui Satgas Lawan COVID-19 ini, anggota DPR dapat ikut memperkuat kerja bersama, bergotong royong, dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar virus corona, serta membantu masyarakat yang tidak mampu yang terdampak secara ekonomi.

DPR RI meluncurkan Satgas Lawan COVID-19 yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III DPR RI, Kamis siang. (*)

Baca Juga:

Hadapi COVID-19 Gugus Tugas dan TikTok Bersatu Dukung Tenaga Kesehatan

#Virus Corona #DPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan