Puan: Pembentukan Pansus Jiwasraya Tunggu Hasil Panja di DPR Ketua DPR RI Puan Maharani menjawab pertanyaan awak media di Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

MerahPutih.com - Komisi VI DPR yang mengurusi kinerja BUMN membentuk Panitia Kerja (Panja) Jiwa Sraya untuk mengusut kasus gagal bayar asuransi pelat merah ini. Ketua DPR RI Puan Maharani menunggu hasil pemeriksaan panja ini.

Putri Megawati Soekarnoputri ini mengatakan hasil laporan panja ini akan dijadikan dasar pengambilaan langkah kedepan yang akan dilakukan oleh DPR.

Baca Juga

Bamsoet Prihatin Kasus Jiwasraya dan Asabri Diotaki Pimpinan Manajemennya

“Komisi VI kan sudah bentuk panja. Kita lihat dan tunggu saja laporannya,” tegas Puan usai berdialog dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X di Yogyakarta, Senin (20/1)

Kasus Jiwasraya terungkap ke publik pada akhir 2018. Saat perseroan menunda pembayaran polis nasabah sebesar Rp802 Miliyar yang jatuh tempo pada 10 Oktober 2018.

BPK pun turun tangan melakukan audit keuangan lanjutan PT Jiwasraya. Hasilnya Ketua BPK Agung membeberkan kerugian Jiwasraya pasca September 2019 sebesar Rp 13,7 triliun. Kerugian itu karena Jiwasraya menjual produk saving plan dengan cost of fund (COF) yang sangat tinggi di atas bunga deposito dan obligasi yang dilakukan secara masif sejak 2015.

Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri)
Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri). Foto: MP/Teresa Ika

Disamping itu, Kejaksaan Agung turut menyelidiki kasus korupsi ini. kejagungtelah memeriksa mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hendrisman Rahim di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, 20 Januari 2020.

Puan meminta masyarakat bersabar dan mempercayakan pengusutan kasus ini pada Kejagung dan Panja DPR.

“Jadi kita tunggu saja semuanya clear,” pungkas politikus PDIP ini.

Baca Juga

Satu Lagi Perusahaan Pelat Merah Bermasalah, Erick Thohir Diminta Turun Tangan

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. (*)

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH