Puan Kenang 'Om' Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Tenang dan Sederhana

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 Juli 2022
Puan Kenang 'Om' Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Tenang dan Sederhana
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua DPR RI Puan Maharani berbelasungkawa atas berpulangnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo.

Bagi Puan, Tjahjo adalah politikus yang matang sekaligus senior yang banyak memberi teladan dan pelajaran bagi para juniornya, termasuk dirinya.

Baca Juga

Profil Tjahjo Kumolo, Mantan Aktivis dan Politikus yang Terpilih jadi Menteri

“Saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri. Saya memanggil beliau ‘Om’ karena sudah kenal beliau sejak saya kecil sebagai teman orang tua saya. Bahkan anak-anak pun memanggil beliau dengan sebutan eyang,” kata Puan, Jumat (1/7).

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) ini mengaku kehilangan salah satu senior yang berpengaruh bagi perjalanan karier politiknya sampai hari ini.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk sanak keluarga yang ditinggalkan. Semoga beliau husnul khatimah,” imbuhnya.

Baca Juga

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Puan mengenang Tjahjo sebagai sosok senior yang sederhana, tenang dan memiliki kecerdasan emosi serta spiritualitas yang tinggi.

“Saat PDI Perjuangan di luar pemerintahan, kebetulan Om Tjahjo Sekjen partai sekaligus Ketua Fraksi di DPR. Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo sangat terlihat ketika kami yang kala itu berada di luar pemerintahan harus mengambil keputusan-keputusan penting,” kenangnya.

Puan juga mengenang bagaimana Tjahjo terus mendampinginya sewaktu dia menjabat Ketua Fraksi PDIP DPR pada 2012.

“Saat saya menggantikan tugas Om Tjahjo sebagai Ketua Fraksi, beliau tetap mendampingi saya di awal-awal. Bahkan ruangan beliau sengaja berhadap-hadapan dengan ruangan saya, agar selalu cepat koordinasi tentang sikap fraksi yang saat itu sangat krusial,” ujar Puan. (Pon)

Baca Juga

Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

#Puan Maharani #Tjahjo Kumolo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan