Puan: IKN Harus Tampil Menawan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 16 Februari 2022
Puan: IKN Harus Tampil Menawan
Kawasan IKN Nusantara. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ketua DPR RI Puan Maharani hari ini terbang ke Kalimantan Timur untuk meninjau lokasi dan memastikan persiapan ibu kota negara (IKN) baru. Kunjungan ini bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"UU IKN sudah disahkan oleh DPR, maka saya mendatangi lokasi IKN Nusantara untuk menegaskan bahwasanya DPR mengawal pelaksanaan proyek ini sejak awal,” ujar Puan, Rabu (16/2).

Baca Juga:

HNW Harap Hakim MK Maksimalkan Sifat Kenegarawanan Sikapi Gugatan IKN

Puan mengatakan perlu meninjau lokasi IKN agar bisa mengecek langsung kondisi calon ibu kota negara baru bersama juga sejumlah anggota alat kelengkapan dewan (AKD) terkait dalam peninjauan proyek IKN Nusantara.

"Kami bersama-sama datang untuk melihat perkembangan proyek IKN Nusantara sebagai salah satu bentuk pengawasan. Dengan melihat langsung lokasi calon ibu kota negara, kami bisa memberikan catatan-catatan kepada pemerintah," jelas Puan.

Puan beserta rombongan juga juga melihat pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara untuk pemenuhan air baku IKN Nusantara, meninjau menara Pandang dan tempat Istana Negara akan dibangun serta titik nol yang akan menjadi lokasi kantor-kantor lembaga tinggi negara, termasuk DPR RI.

Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Antara)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Antara)

Ia berharap, proses pembangunan dapat akan berjalan lancar sesuai rencana. Masyarakat, diklaimnya, sudah menantikan dimulainya pembangunan IKN Nusantara yang akan dijadikan sebagai smart city itu.

"Pemerintah harus bekerja sebaik-baiknya, termasuk memastikan pembangunan IKN tetap memperhatikan masyarakat adat setempat. IKN Nusantara sebagai wajah kemajuan Indonesia juga harus tampil menawan," ungkapnya. (Pon)

Baca Juga:

Jokowi Sebut IKN Nusantara Jadi Bagian Transformasi Ekonomi Hijau

#Pemindahan Ibu Kota #Anggaran Ibu Kota #UU IKN #Puan Maharani
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan