Puan Bisa Jadi Calon Presiden dan Ketum PDIP Pengganti Megawati

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 28 Maret 2021
Puan Bisa Jadi Calon Presiden dan Ketum PDIP Pengganti Megawati
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: dpr.go.id).

MerahPutih.com- Regenerasi di partai politik kini tengah menjadi bahan pembicaraan terutama jelang Pemilu 2024. PDI Perjuangan (PDIP), Gerindra dan PKS merupakan partai yang tak banyak mengalami gesekan. Terutama dalam melakukan regenerasi maupun suksesi kepemimpinan mereka.

"PDIP misalnya yang siapapun nanti pengganti Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) itu ini kan ada ruang dipersiapkan Trah Sukarno atau non trah sukarno," kata Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio menilai dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Senjakala Regenerasi Parpol' secara virtual, Sabtu (27/3).

Baca Juga:

PDIP Kritik Sepeda Non Lipat Masuk MRT, Wagub: Tidak akan Ganggu

Menurut Hendri, sepanjang sejarah partai banteng itu, sangat sulit menempatkan orang di luar trah Soekarno menjadi pimpinan partai.

"Kalau kita kecurutkan lagi menjadi trahnya megawati soekarnoputri kan ada 3 ada mas Tatan, Rizki Pratama, Prananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani," ungkapnya.

Hendri mengatakan, jika dikerucutkan lagi, maka trah Soekarno yang muncul ke publik hanya Prananda dan Puan. Kedua trah Soekarno itu dianggap memiliki pengalaman yang mumpuni.

Puan Maharani punya pengalaman lengkap di legislatif partai dan eksekutif, sementara Prananda berada di jantung pertahanan Partai sebagai situation room head. Kendati begitu, dari dua trah itu siapa yang cocok menggantikan megawati, waktu yang akan menjawab.

Untuk Pemilu 2024, Politikus PDIP Effendi Simbolon mengakui memanang banyak dukungan di internal PDIP untuk Puan saat pemilu mendatang. Tetapi tidak ada keinginan untuk mencalonkan Puan bersama beberapa nama apalagi dengan Ketum Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Moeldoko.

“Karena saya termasuk yang mendukung Puan untuk maju tapi bukan sama naturalisasi,” terangnya.

Megawati
Ketum PDIP Megawati. (Foto: Antara)

Menurut Effendi, pada waktunya nanti PDIP akan mengumumkan resmi pencalonan Puan tersebut.

Effendi menegaskan, bahwa Megawati bukan hanya membidani kelahiran tetapi dialah kromosom PDIP itu sendiri. Hal ini berbeda dengan partai lain yang masih mempertentangkan pendiri serta penggagasnya.

Sebaliknya pembawa, identitas dan yang melahirkan PDIP adalah Megawati Soekarnoputri. Sehingga PDIP sangat bergantung pada Megawati. Sebab apa yang diwariskan adalah pakem ajaran Bung Karno dengan kata perjuangan.

"Itu yang menurut bukan tidak adanya meritrokrasi, regulasi, regenerasi, itu mengalir,” terangnya.

Baca Juga:

Soal Impor Beras, Sekjen PDIP Serang Mendag M. Luthfi

#PDIP #Puan Maharani #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Bagikan