PT KCI Minta Razia Surat Tugas Dilakukan di Akses Menuju Stasiun Penumpang KRL masih tampak ramai menggunakan moda transportasi umum itu di Stasiun Jakarta Kota meskipun DKI Jakarta telah menetapkan PSBB. ANTARA/Muhammad Zulfikar/am.

Merahputih.com - Lima kepala daerah di Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) sepakat memperketat aturan pergerakan masyarakat pada penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap II di antaranya dengan mewajibkan penumpang kereta rel listik (KRL) menunjukkan surat tugas.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengharapkan pemeriksaan surat kerja oleh pemerintah daerah dilakukan di akses menuju stasiun.

Baca Juga

Kepala Daerah di Bodebek Sepakat Penumpang KRL Tunjukkan Surat

"Harapannya razia atau screening surat kerja itu dilakukan di akses menuju stasiun oleh pihak terkait karena stasiun-stasiun padat tak semuanya besar ada yang kecil," kata VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba kepada wartawan, Senin (11/5).

Anne menambahkan, saat ini pihaknya sudah menerapkan protokol pencegahan virus corona, yakni pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker selama di stasiun dan KRL, dan physical distancing dengan pembuatan marka di stasiun dan di atas kereta.

Suasana Stasiun Manggarai, Jakarta setelah jam operasional kereta berakhir pukul 19.00 WIB, Jumat (17/4/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Suasana Stasiun Manggarai, Jakarta setelah jam operasional kereta berakhir pukul 19.00 WIB, Jumat (17/4/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Pihaknya juga menyediakan wastafel di stasiun, sehingga pengguna bisa cuci tangan dengan air mengalir sebelum dan sesudah naik KRL.

Selain untuk penumpang, pihaknya juga memberihkan KRL dengan disinfektan, penyemprotan stasiun serta menyiapkan 4.000 lebih petugas pengamanan di 80 stasiun dan di atas KRL, dibantu Brimob, TNI, Marinir dan kepolisian.

Baca Juga:

PSBB Bakal Dilakukan Serentak di Jabodetabek, Ketegasan Pemerintah Diperlukan

Sampai saat ini selaku operator, pihaknya menjalankan KRL sesuai protokol Covid-19 dari pemerintah.

"Selama ini yang kami lakukan pembatasan masuk ke peron dan ke KRL. Dari 700 lebih perjalanan KRL, 90 persen sepi pengguna," ujar Anne. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH