PT KAO Nyatakan Produknya Bebas Klorin dan Dioksin

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 09 Juli 2015
PT KAO Nyatakan Produknya Bebas Klorin dan Dioksin
Ilustrasi Pembalut (foto Elitedaily)

MerahPutih, Nasional-PT KAO Indonesia membantah pernyataan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Selasa (7/7), tentang masuknya produk Laurier dalam daftar pembalut dan pantyliner yang mengandung zat berbahaya.

"Semua produk Laurier telah diuji dan mendapatkan ijin dari Kementerian Kesehatan RI, yang tercantum di setiap kemasan dengan tulisan “KEMENKES RI AKD/AKL”," kata PT KAO dalam siaran pers, Kamis (9/7) seperti disitat Antara.

PT KAO menyatakan semua produk Laurier secara global, termasuk di Indonesia, dibuat dari bahan baku yang tidak membahayakan kesehatan.

"Proses pembuatan bahan baku seperti pulp dan tissue tidak menggunakan senyawa klorin sehingga produk Laurier tidak mengandung gas klorin atau Chlorine free, yang tidak akan menimbulkan Dioxin."

Selain itu, Kao menjelaskan bahwa kanker serviks yang menyerang reproduksi wanita disebabkan oleh Human Papillomaviruses (HPVs). Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan paparan zat kimia tertentu dari luar tubuh atau pemakaian pembalut dapat memicu kanker serviks pada wanita.

Sementara itu Indah Yusari, seorang warga Cilegon yang belakangan menggagas petisi pembalut berbahaya melalui Change.org mendesak Badan Standarisasi Nasional (BSN) agar menerbitkan standar/peraturan yang melarang penggunaan klorin pada pembalut. Sampai dengan jam 16.50 wib petisi itu mendapat dukungan dari 3.775 pengunjung. 

Selain kepada BSN petisi ini juga ditujukan kepada sembilan perusahaan yang memproduksi pembalut dan pantyliner. Sebelumnya, YLKI baru saja merilis temuan tentang adanya sembilan produk pembalut dan tujuh produk pantyliner yang mengandung zat berbahaya klorin. (Luh)

Baca Juga: 

Awas, Beredar Pembalut Mengandung Klorin Berkadar Tinggi

Mengenal Bahan Kimia Klorin, Zat Berbahaya pada Pembalut Wanita 

Sejarah Pembalut Wanita, dari Daun hingga Serat Kayu

#Pembalut Wanita #Bahaya Pembalut
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan