PT KAI : Suket Bisa Digunakan Untuk Membeli Tiket Kereta Foto: Merahputih/Mauritz

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan jika surat/keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diadukcapil) sebagai pengganti e-KTP, dapat digunakan untuk membeli atau memasan tiket kereta api.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Krisbiantoro, semua identitas yang masih berlaku dapat dipergunakan untuk pembelian tiket dan boarding pass.

"Seperti SIM, suket, kartu pelajar, kartu mahasiswa dan lainnya, asalkan harus ada fotonya," tutur Krisbiantoro, di Cirebon, Jumat (24/3).

Lanjut Krisbiantoro, foto sangat penting karena untuk memastikan bahwa benar yang bersangkutan bukanlah calo.

Sementara itu di tempat yang berbeda, salah seorang pejabat di Disdukcapil Kota Cirebon, pernah mengatakan bahwa untuk surat keterangan pengganti e- KTP, tidak dapat digunakan sebagai identitas saat pembelian tiket Kereta Api, karena pihak PT KAI tidak mau melayani.

Pihaknya sudah mengimbau, agar masyarakat yang ingin membeli tiket menggunakan identitas lain seperti SIM Maupun Kartu Keluarga.

"Surat ketarangan pengganti KTP tidak bisa digunakan untuk pembelian tiket KA, karena PT KAI tidak mau terima surat tersebut, tapi bisa beli tiket menggunakan kartu keluarga (KK) atau Surat Izin Mengemudi (SIM)," ujarnya.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz, kontributor atau reporter merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.



Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH