PT KAI Sudah Layani 1,6 Juta Peserta Rapid Test Antigen di Stasiun Tes COVID-19. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Syarat tes COVID-19 untuk naik Kereta Api jarak jauh kembali hanya menggunakan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen dengan durasu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19 tanggal 2 November 2021.

Baca Juga:

DPR Sebut Aturan Tes COVID-19 untuk Transportasi Tidak Konsisten

"KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 pada moda transportasi kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keteranganya, Rabu (3/11).

Ia menaparkan, selama 2021, KAI mencatat hingga 2 November telah melayani 1,6 juta peserta Rapid Test Antigen di stasiun. Jika ada pelanggan yang membawa hasil negatif tes RT-PCR untuk naik KA Jarak Jauh yang masih berlaku tetap akan diterima pada saat boarding.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api:

1. Pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Kewajiban menunjukkan kartu vaksin dikecualikan bagi pelaku perjalanan dengan kepentingan khusus medis yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis dan pelaku perjalanan di bawah 12 tahun.

2. Pelanggan KA Jarak Jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

3. Bagi anak usia di bawah 12 tahun, wajib didampingi oleh orang tua/keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga.

4. Pemesanan tiket kereta api harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas. Penggunaan NIK ini berlaku bagi pelanggan dewasa ataupun anak-anak untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 calon pelanggan. Hal tersebut dikarenakan, KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI.

Selama menggunakan layanan KAI, pelanggan wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.

Pelanggan juga harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Pelanggan wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Tes COVID-19. (Foto: Antara)
Tes COVID-19. (Foto: Antara)

Pelanggan juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan. Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam.

Terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

"KAI terus memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan hanya mengizinkan pelanggan yang sesuai persyaratan untuk bisa naik kereta api," tutup Joni.

Untuk membantu calon pelanggan melengkapi persyaratan tersebut, KAI telah menyediakan 71 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp 45 ribu.

Ke-71 stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek, Karawang, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Purwakarta, Cimahi, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Haurgeulis, Brebes, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Cepu, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Sidareja, Kebumen, Gombong, Yogyakarta, Solo Balapan.

Lalu, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Wates, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Babat, Kepanjen, Lamongan, Jember, Ketapang, Banyuwangi, Rogojampi.

Dan Probolinggo, Kalisetail, Medan, Kisaran, Tanjung Balai, Rantauprapat, Mambangmuda, Kertapati, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebingtinggi, Lubuk Linggau, Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, dan Martapura. (Knu)

Baca Juga:

Anak-Anak Masuk Hotel di Tangsel Wajib Tunjukan Hasil Tes COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dinkes DKI Sebut Kasus COVID-19 pada Anak Meningkat Tajam
Indonesia
Dinkes DKI Sebut Kasus COVID-19 pada Anak Meningkat Tajam

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut bahwa tren kasus positif aktif COVID-19 pada anak di bawah usia 18 tahun meningkat tajam.

Menkes: Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia Agustus
Indonesia
Menkes: Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia Agustus

"Bulan Agustus nanti akan masuk dari Pfizer sehingga jumlah vaksin yang masuk di semester kedua tahun ini akan menjadi semakin banyak," jelas Menkes Bud

Irjen Napoleon Bonaparte Diduga Tengah Cari Perhatian Publik
Indonesia
Irjen Napoleon Bonaparte Diduga Tengah Cari Perhatian Publik

Mantan Kepala Divisi (Kadiv) Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte ditengarai tengah berusaha mendapatkan simpati publik.

Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Terjang Sejumlah Desa
Indonesia
Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Terjang Sejumlah Desa

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (2/1) sore.

Ditutup Selama PPKM Darurat, 27 Exit Tol di Jateng Sudah Dibuka
Indonesia
Ditutup Selama PPKM Darurat, 27 Exit Tol di Jateng Sudah Dibuka

Sedangkan 244 titik penyekatan, kata Iqbal, masih diperketat. Untuk itu masyarakat diimbau agar di rumah saja stay at home.

 Semua Unsur Harus Terlibat Hentikan Konflik di Papua
Indonesia
Semua Unsur Harus Terlibat Hentikan Konflik di Papua

Jenazah Gabriella baru berhasil dievakuasi Jumat (16/9). Aparat keamanan bersama warga saat ini sedang mencari nakes atas nama Gerald Sokoy yang belum diketahui keberadaannya.

Polda DIY Terapkan Ganjil Genap di 3 Lokasi Wisata
Indonesia
Polda DIY Terapkan Ganjil Genap di 3 Lokasi Wisata

Para pengunjung tiga destinasi wisata itu juga diwajibkan menginstal aplikasi PeduliLindungi, pada masing-masing gawai untuk memindai kode QR guna memverifikasi bukti vaksin.

24 Nama Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Tahap Ketiga
Indonesia
24 Nama Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Tahap Ketiga

Komisi Yudisial (KY) RI mengumumkan 24 nama calon hakim agung yang lolos seleksi tahap tiga yang meliputi tes kesehatan dan kepribadian.

Tanah Longsor Nganjuk, 23 Warga Belum Ditemukan
Indonesia
Tanah Longsor Nganjuk, 23 Warga Belum Ditemukan

BPBD Kabupaten Nganjuk masih mencari 23 warga Desa Ngetos, Kabupaten Nganjuk, yang hingga kini belum ditemukan setelah bencana tanah longsor,.

Polisi Bongkar Penyelundupan Narkoba ke Rutan Polres Jaksel dalam Tempe Orek
Indonesia
Polisi Bongkar Penyelundupan Narkoba ke Rutan Polres Jaksel dalam Tempe Orek

Di plastik dengan lauk tempe orek itu terdapat beberapa bungkus sabu 1,54 gram. Mengetahui hal itu, petugas langsung berkoordinasi dengan satuan narkoba dan langsung melacak kedua pengirim tersebut