PT KAI Siapkan Tiga KA Tambahan Untuk Sambut Natal dan Tahun Baru 2020 Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, Selasa (3/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melakukan penambahan pengoperasionalan kereta api (KA) fakultatif. Hal ini dilakukan seiring diprediksi adanya peningkatan jumlah penumpang akibat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengungkapkan seperti tahun sebelumnya pelonjakan penumpang pada libur panjang Nataru terjadi pada KA hampir semua relasi. Mengantisipasi adanya pelonjakan penumpang PT KAI sudah mulai ancang-ancang melakukan penambahan operasional KA.

Baca Juga:

PT KAI Siagakan 11.191 Personel Keamanan Saat Natal dan Tahun Baru

"Setahu saya da tiga jenis KA yang rutin dioperasionalkan untuk momen lebaran dan Nataru, yakni Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Lodaya. Ketiga jenis kereta fakultatif ini akan dioperasionalkan untuk pagi dan malam," ujar Suharyanto kepada merahputih.com di Solo, Selasa (3/12).

Warga mengantri depan loket penjualan tiket kereta api di Stasiun Balapan
Warga mengabtre tiket di Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah, Selasa (3/12). (MP/Ismail)

Ia mengatakan kabar terbaru dari PT KAI ketiga KA tersebut akan dioperasionalkan mendekati momen Nataru. Pada Nataru tahun lalu, operasional KA fakultatatif dilakukan sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Kami pantau belum ada peningkatan jumlah pemesanan tiket untuk Nataru di Stasiun Solo Balapan. Beberapa hari lalu masih 50 persen tiket tersedia," kata dia.

Kereta Api tambahan sudah disiapkan PT KAI untuk hadapi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru 2020
Kereta Api di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah (MP/Ismail)

Suharyanto mengatakan saat ini persiapan untuk penambahan KA pada momen Nataru belum dipersiapkan optimal di Stasiun Solo Balapan. Hal itu terjadi karena PT KAI masih fokus pada perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) pasca operasional rel ganda.

Baca Juga:

PT KAI Daop 8 Catat Lonjakan Penumpang Hingga 12 Persen Selama Lebaran 2019

"Transisi Gapeka dan pemantauan pola operasi masih terasa di Stasiun Solo Balapan. Nataru di Stasiun Solo Balapan diperkirakan mulai terasa pada pekan depan," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

PT KAI : Suket Bisa Digunakan Untuk Membeli Tiket Kereta



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH