PT KAI Perpanjang Tidak Beroperasinya Kereta Lokal Karawang-Jakarta Kereta api di Stasiun Karawang. (ANTARA/Ali Khumaini/dok)

Merahputih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta perpanjang tidak beroperasinya kereta lokal Karawang-Jakarta menyusul masih dilakukannya pencegahan penyebaran COVID-19 di sektor transportasi.

Hingga kini masih dilakukan penyesuaian pola operasional perjalanan kereta api lokal. Artinya kereta api lokal Karawang-Jakarta hingga sementara ini masih belum dapat beroperasi.

Baca Juga:

Pemprov DKI akan Koordinasi dengan PT KAI soal Kampung Bandan

Salah satu alasannya yakni masa darurat wabah COVID-19 belum berakhir, sehingga masih perlu dilakukan langkah pencegahan dan penyebarannya.

"Kami akan terus melakukan evaluasi, dengan melihat perkembangan di lapangan. Jika terdapat perpanjangan waktu atau kembali beroperasinya kereta lokal lokal, akan diinformasikan secara resmi," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin (3/8).

Ilustrasi: kereta api Jatiluhur relasi Cikampek-Tanjung Priok (PP). Foto: Net

Sampai saat ini KAI Daop 1 Jakarta baru menjalankan satu kereta api lokal yakni KA Lokal Siliwangi relasi Sukabumi- Ciranjang.

Pengoperasian KA Lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterapkan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, di antaranya dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normal yang mencapai 150 persen untuk volume penumpang.

Baca Juga:

PT. KAI Tambah Frekuensi KA Pangrango Bogor-Sukabumi

Untuk kereta api lokal yang tidak dioperasikan sementara secara bertahap sejak 1 April 2020 hingga saat ini ialah tiga KA Pangrango (Sukabumi-Bogor), tiga KA Pangrango (Bogor-Sukabumi), enam KA Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung), enam KA Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak), enam KA Walahar (Tanjung Priuk-Purwakarta) serta empat KA Jatiluhur (Tanjung Priuk-Cikampek). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH