PT KAI Daops 1 Siapkan 39.916 Kursi Selama Lebaran Kereta Api. Foto: Net

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menyiapkan 39.916 kursi per hari selama masa Angkutan Lebaran 2018.

Senior Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo, merinci KA Reguler pada masa Angkutan Lebaran 2018, yaitu 30.572 kursi atau naik dari tahun lalu 30.448 kursi, sementara itu untuk kereta tambahan menurun dari 12.952 kursi menjadi 9.344 kursi.

"Kapasitas tempat duduk turun sembilan persen bila dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/3) seperti dikutip Antara

Adapun, untuk jumlah perjalanan KA sebanyak 69 KA per hari pada operasi Lebaran 2018 arau turun tiga persen bila dibandingkan 2017 sebanyak 71 KA per hari.

Dia mengatakan arus mudik diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Rabu (13/6) atau "H-2" dan puncak arus balik diperkirakan pada Minggu (17/6) atau "H+1".

"Untuk KA-KA tambahan pada Lebaran 2018 di Daop 1 Jakarta, direncanakan akan beroperasi pada 4 sampai dengan 26 Juni 2018 dan pemesanan tiket dalam dilakukan 'H-60'," tuturnya.

Sejumlah KA Tambahan, di antaranya Argo Lawu Fakultatif (Gambir-Solo), Taksaka Lebaran Gambir-Yogyakarta, Sembrani Gambir-Surabaya Pasar Turi, Purwojaya Gambir-Cilacap, Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen - Kutoarjo dan lainnya.

Berkaitan dengan keselamatan, KAI Daop 1 Jakarta telah merekrut 203 orang untuk menjadi petugas jaga lintasan (PJL) Ekstra, Petugas Pemeriksa Jalan Ekstra dan Petugas Daerah Rawan Ekstra.

"Hal ini berhubungan dengan banyaknya perlintasan liar di wilayah Daop 1 Jakarta dan daerah yang rawan bencana serta mengantisipasi sabotase atau hal-hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan keselamatan perjalanan kereta api," ucapnya.

Edy menyebutkan sebanyak 529 titik perlintasan yang ada di wilayah Daop 1 Jakarta, yang terdiri dari 144 titik dijaga pihak KAI, 36 titik dijaga pihak ketiga, 44 titik jembatan layang, 11 titik terowongan dan sisanya merupakan titik perlintasan yang tidak terjaga.

PT KAI Daop 1 Jakarta pun bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Sebanyak 1.145 personel ditempatkan di stasiun-stasiun yang melayani keberangkatan serta kedatangan kereta jarak jauh dan menengah serta di jalur KA.

Selain menggunakan tenaga internal (Polsuska dan PKD) menggunakan pendeteksi bahan metal dan mendatangkan pasukan anjing pelacak (K9) untuk berjaga-jaga sebanyak empat unit yang ditempatkan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH