PT KAI Akan Gelar Tes Antigen ke Penumpang KRL Secara Acak

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 20 Juni 2021
PT KAI Akan Gelar Tes Antigen ke Penumpang KRL Secara Acak
Ilustrasi: Penumpang Commuter Line di Stasiun Bekasi. Foto: PT KCI

Merahputih.com - Peningkatan kasus COVID-19 di Jakarta membuat PT KAI Commuter akan menggelar tes antigen acak selama satu pekan mulai Senin 21 Juni 2021.

Tes antigen digelar di enam stasiun dengan volume pengguna KRL tinggi yaitu Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang.

"Tes antigen acak ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 karena KRL merupakan moda transportasi favorit di wilayah Jabodetabek," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keteranganya, Sabtu (19/6).

Baca Juga

Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Lebaran Penumpang KRL Turun 8 Persen

Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun. Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL.

"Sementara para pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas COVID-19 setempat," tutur Anne.

Layanan KRL Jabodetabek tetap beroperasi dengan 994 perjalanan KRL per hari mulai pukul 04.00-22.00 WIB.

Pengguna dianjurkan untuk merencanakan perjalanannya dengan baik. Tujuannya agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta, serta tidak memaksakan diri untuk naik ke kereta apabila sudah memenuhi kuota.

Kereta Rel Listrik. Foto: PT KCI

KAI Commuter telah menerapkan protokol kesehatan sejak awal pandemi COVID-19 seperti wajib memakai masker, menjaga jarak dengan melakukan penyekatan saat kondisi padat, pemeriksaan suhu tubuh, dan mencuci tangan.

Para pegawai dan petugas di garda terdepan layanan KAI Commuter secara bertahap juga telah mendapatkan vaksinasi dari pemerintah.

Yang terbaru, pada Kamis (17/6) dan Jumat (18/6) lalu pemerintah mengadakan vaksinasi di Stasiun Bogor dengan sasaran utama para pengguna aktif KRL.

Baca Juga

KRL Yogyakarta-Solo Mulai Beroperasi Minggu Depan, Ini Jadwalnya

KAI Commuter mengucapkan terima kasih kepada dinas kesehatan Pemerintah Kota Bogor yang telah menggelar vaksinasi ini, dan berharap pemerintah daerah di wilayah-wilayah lain dapat mengambil langkah serupa. Hal ini penting untuk mendorong vaksinasi bagi mereka yang mobilitas dan interaksinya tinggi dan aktif bekerja serta menggunakan transportasi publik setiap harinya.

Anne mencontohkan, memasuki pekan ketiga Juni, hingga 18 Juni 2021 KAI Commuter mencatat ada 7.943.859 orang atau 441.326 orang per hari yang memanfaatkan layanan KRL. Angka ini bertambah 18,5 persen dibanding jumlah pengguna hingga minggu ketiga Mei lalu yang mencapai 6.467.395 orang atau 359.300 orang per hari. (Knu)

#Penumpang KRL #Kereta Rel Listrik (KRL)
Bagikan
Bagikan