PT Jasa Marga Siapkan Profesi Baru untuk Petugas Pintu Tol

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 23 Oktober 2017
PT Jasa Marga Siapkan Profesi Baru untuk Petugas Pintu Tol
Suasana kendaraan di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Sabtu (8/7). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Pengelola jalan tol sudah mempersiapkan penempatan petugas tol menyusul kebijakan penetapan pembayaran nontunai di seluruh jalan tol. Perusahaan secara tegas menyatakan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) massal bagi petugas di pintu tol.

"Tidak ada PHK, kami, PT Jasa Marga akan melakukan mengalihkan profesi kepada petugas untuk mengisi pos baru," kata Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani di Foodcourt Bank Indonesia, Menara Radius Prawiro, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

Ia mengaku, para petugas tol yang akan ditempatkan di posisi baru, tengah dibekali pelatihan. Namun, Desi tak membeberkan pelatihan apa yang dilakukan oleh petugas tersebut.

"Kita juga sudah bekali para petugas itu dengan pelatihan," ujar Desi.

Penempatan profesi baru terhadap petugas tol itu, menurut Desi lebih manusiawi. Pasalnya, saat bertugas di gardu tol ia menghirup asap kendaraan. Di samping itu, uang yang menjadi alat pembayaran mengandung zat kimia yang dapat membahayakan petugas.

"Ini lebih manusiawi. Di gardu tol dia menghirup asap, dan uang punya zat kimia. Pengalihan ini di sisi kemanusian sangat baik. Mereka senang dialihkan karena ada AC di kantor dan nyaman," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita terkait lainnya di: BI Resmi Terapkan E-Toll pada 31 Oktober

#PT Jasa Marga #Tarif Jalan Tol
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan