Ssst, Racikan Bumbu Dapur Ini Bisa Bikin Libido Melonjak

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 18 Februari 2018
Ssst, Racikan Bumbu Dapur Ini Bisa Bikin Libido Melonjak
Lengkuas. (foto: pertanian99.com)

SALAH satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan bersantan, yaitu lengkuas. Dalam beberapa bahasa daerah, lengkuas juga disebut laos atau kelawas. Bumbu dapur ini merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Ada dua jenis lengkuas yang dikenal, yakni lengkuas berimpang putih dan berimpang merah. Lengkuas berimpang putih biasanya digunakan sebagai campuran bumbu masak. Umumnya digunakan dengan cara digeprek untuk masakan bersantan.

Selain sebagai campuran bumbu masak, masyarakat Indonesia juga menggunakan lengkuas untuk pengobatan tradisional. Lengkuas berimpang merah lebih umum dijadikan obat.

Meskipun demikian, apa pun jenisnya, rimpang lengkuas mengandung bahan-bahan berkhasiat seperti minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, sesuiterpan, pinen, metal sinamat, kaemferida, galangan, galangol, dan kristal kuning.

Dengan kandungan tersebut, lengkuas punya banyak manfaat buat tubuh Anda. Berikut ramuan lengkuas yang bermanfaat untuk kesehatan.


Mengusir Rematik

Sediakan 3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1/2 sendok teh bubuk merica, 1 potongan gula merah, dan 2 gelas air santan.

Rebus semua bahan hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Nikmati ramuan tersebut sedikit demi sedikit. Untuk hasil optimal, konsumsilah ramuan ini selama 1 minggu.

Menambah Nafsu Makan

Sediakan 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 batang meniran, dan sedikit adas pulawaras.

Masukkan semua bahan bersama 3 gelas air ke panci, lalu didihkan hingga tersisa separuhnya. Minumlah 3 kali sehari.

Membangkitkan Gairah Seksual

Sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh merica, 1 sendok teh garam, dan sedikit ragi tape.

Parut rimpang lengkuas dan rimpang jahe, lalu peras dan ambil airnya.

Air perasan itu kemudian dicampur ke dalam 1/2 gelas air masak bersama bahan lainnya. Anda pun dapat langsung meminum ramuan tersebut.

Bagaimana, tertarik mencoba?(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan