PSSI Umumkan Pelatih Baru Timnas Senior dan Posisi Anyar Bima Sakti

Thomas KukuhThomas Kukuh - Kamis, 20 Desember 2018
PSSI Umumkan Pelatih Baru Timnas Senior dan Posisi Anyar Bima Sakti
Mantan Timnas Indonesia Senior Bima Sakti. ((AFF Suzuki Cup)

MerahPutih.com - Teka-teki pelatih Timnas Indonesia senior akhirnya terjawab. Setelah tak lagi menggunakan jasa Bima Sakti, PSSI secara resmi menunjuk Simon McMenemy menjadi pelatih Timnas Indonesia senior. Dia dikontrak selama dua tahun oleh PSSI, atau hingga Piala AFF 2020 rampung.

"PSSI yang di dalamnya ada beberapa komite eksekutif telah menyetujui dan menetapkan beberapa pelatih Timnas. Simon McMenemy akan jadi pelatih Timnas Senior," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dalam pernyataan resmi kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/12) seperti dilansir BolaSkor.com.

Sejatinya isu Simon McMenemy jadi pelatih Timnas Indonesia memang sudah berembus kencang. Bahkan, ia sudah jauh-jauh hari membuka pintu jika PSSI ingin dirinya melatih Timnas Indonesia.

McMenemy
Pelatih Timnas Senior Indonesia Simon McMenemy.

Sebelumnya, manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji juga sudah memberikan respons bahwa PSSI menghubungi Simon McMenemy melatih Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, PSSI tidak memperpanjang Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia, usai kegagalan lolos dari grup penyisihan Piala AFF 2018. Simon McMenemy bukan orang baru di kancah sepak bola Indonesia.

Simon McMenemy sejatinya sudah menjadi pelatih klub sepak bola Indonesia saat membesut Mitra Kukar pada tahun 2011. Ia pun pernah membesut Pelita Bandung Raya (PBR) pada tahun 2013, namun hanya seumur jagung karena dipecat. Prestasinya membawa Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2017.

Lantas bagaimana dengan nasib Bima Sakti setelah tak lagi menukangi Timnas Senior? Selain mengumumkan McMenemy, PSSI juga mengumumkan posisi baru untuk Bima Sakti dan Indra Sjafri.

Indra Sjafri
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri

Indra ditujuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22, sedangkan Bima Sakti melatih Timnas Indonesia U-16.

Indra, sebelumnya merupakan pelatih Timnas Indonesia U-19. Dengan begitu, ia naik level ke Timnas Indonesia U-22.

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Piala AFF U-22 di Kamboja pada Februari mendatang. Serta tentu saja SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Pelatih asal Payakumbuh ini dikontrak PSSI hingga SEA Games 2019.

Sementara itu, Bima Sakti dikontrak PSSI selama satu tahun. Namun, ia mendapat perpanjangan opsi kontrak selama tiga tahun nantinya. Terdekat, Bima Sakti mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 untuk turun pada ajang Piala AFF U-15 2019 di Thailand, 22 Juli-9 Agustus.

Di sisi lain, kursi kepelatihan Timnas Indonesia U-19 masih lowong. PSSI belum mengumumkan pelatih Timnas Indonesia U-19. "PSSI yang di dalamnya ada beberapa komite eksekutif telah menyetujui dan menetapkan beberapa pelatih Timnas," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dalam pernyataan resmi kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/12). (BolaSkor.com)

#Iimnas Indonesia #Indra Sjafri #Bima Sakti
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan