PSSI Perintahkan Shin Tae-yong Datang ke Jakarta pada 29 Juni Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

MerahPutih.com - PSSI memerintahkan Shin Tae-yong untuk datang ke Jakarta pada 29 Juni mendatang. Induk sepakbola nasional itu sudah mengirimkan surat kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tentu saja masalah utama yang harus segera dibahas PSSI dan Shin Tae-yong mengenai progam Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang.

Baca Juga

Tak Pernah Menghalangi, Pemerintah Siap Bantu TC Timnas Indonesia U-19 di Luar Negeri

"Kami ingin Shin Tae-yong menghormati kontrak sebagaimana kami juga menghormati kontrak. Kedua, kami ingin sudah fokus untuk program pelatihan," kata Ketua Satgas Timnas Indonesia, Syarif Bastaman di Jakarta, Selasa (23/6)

"Makanya kami sudah undang beliau untuk datang ke sini. Itu resmi melalui undangan PSSI dan meminta Shin beserta stafnya untuk datang tanggal 29 Juni," sambungnya.

Shin Tae-yong. (Zimbio)
Shin Tae-yong. (Zimbio)

Timnas Indonesia U-19 masih menyeleksi pemain melalui pemusatan latihan (TC) virtual sejak Mei lalu.Ada 44 pemain yang ikut serta. Kedatangan Shin Tae-yong ke Jakarta tentu saja juga untuk membentuk kerangka tim.

"Kedatangannya itu untuk diskusi mengenai program selanjutnya bagaimana. Secara teknis kami harus menyusun kerangka tim, setelah itu menyusun pelatihan dalam rangka seleksi pemain karena sekarang masih terlalu gemuk," tuturnya.

"Jadi kalau dia ngotot ke Korea, (pemain) yang mau dilatih siapa? Kan harus dirampingkan, dipilih yang terbaik. Maka itu harus ada sesi 1-2 minggu untuk melihat dan menyeleksi," ucapnya.

Belum lagi kedatangan Shin Tae-yong ke Jakarta diperlukan untuk Timnas Indonesia Senior, yang akan menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Timnas Indonesia Senior melawan Thaiand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada Oktober hingga November.

Baca Juga

Berpotensi Jadi Pemberitaan Sepak Bola Dunia, Menpora Ingin PSSI dan Shin Tae-yong Selesaikan Masalah

Lalu ada Timnas Indonesia U-16 yang berlaga di Piala Asia U-16 2020 Bahrain pada Desember mendatang. Meski dilatih Bima Sakti, Shin Tae-yong bertugas sebagai supervisi.

"Jangan lupa ini bukan hanya satu tim, ada senior, U-19, dan U-16. Coach Bima tanggung jawabnya ke Shin Tae-yong. Jadi dia harus ke sini. Kalau dia bilang mau latihan di sana, yang mau dilatih yang mana?" tuturnya. (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH